News
·
23 November 2020 15:38

PM Israel Netanyahu Diam-diam Temui Pangeran MbS di Arab Saudi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
PM Israel Netanyahu Diam-diam Temui Pangeran MbS di Arab Saudi (151977)
Benjamin Netanyahu dan Mohammed bin Salman. Foto: Jack Guez/ AFP dan Reuters/Pavel Golovkin
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diam-diam bertemu Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) di Arab Saudi pada Minggu (22/11).
ADVERTISEMENT
Tidak cuma bertemu Putra Mahkota Saudi, di Negeri Petro Dolar, Netanyahu juga menemui Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo yang sedang melawat ke sana.
Laporan tersebut disampaikan radio publik Israel, Kan, dan radio militer.
Kantor Netanyahu dan Kedubes AS Yerusalem belum mau berkomentar terkait pertemuan. Oleh sebab itu, tujuan pertemuan belum diketahui, demikian dikutip dari Reuters.
Jurnalis media Israel Haaretz, Avi Scharf, dalam media sosial pribadinya merilis data penerbangan sebuah jet pribadi terbang dari Tel Aviv menuju Neom di Laut Merah Arab Saudi.
Neom adalah tempat pertemuan antara MbS dan Pompeo pada Minggu (23/11) lalu. Pertemuan Pompeo dan MbS diduga untuk merayu Saudi membuka hubungan bilateral dengan Israel.

Sebelumnya, sudah ada dua negara Arab, yaitu Bahrain dan Uni Emirat Arab yang membuka hubungan diplomatik dengan negara Yahudi itu.
ADVERTISEMENT
Riyadh berulang kali menolak membuka hubungan dengan Israel. Mereka menegaskan, tak akan membuka hubungan sampai Palestina merdeka dari penjajahan Israel.
Meski menolak, Saudi sudah mengizinkan pesawat Israel melintas di jalur udaranya jika sedang berada dalam rute menuju negara Timur Tengah maupun Asia.