kumparan
search-gray
News30 Mei 2018 13:58

PM Modi Datang, RI-India Naikkan Level Kemitraan

Konten Redaksi kumparan
PM Modi Datang, RI-India Naikkan Level Kemitraan (11452)
Jokowi Terima Kedatangan PM Modi dari India (Foto: Yudhistira Amsal/kumparan)
Indonesia dan India sepakat untuk menaikkan tingkat kemitraan kedua negara. Kesepakatan itu dicapai saat Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Menurut Jokowi sebagai negara bertetangga sudah saatnya India dan Indonesia berkerja sama dengan erat. Oleh karenanya, peningkatan kemitraan tepat dilakukan pada 2018, di tahun kedua negara merayakan 70 tahun terbinanya hubungan diplomatik.
"Kita sepakat untuk meningkatkan kemitraan strategis menjadi kemitraan strategis komprehensif," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Rabu (30/5).
"Dengan kemitraan strategis komprehensif kita yakin hubungan bilateral kedua Indonesia dan India akan semakin kokoh," sambung dia.
Selain membicarakan kenaikan level kemitraan, Jokowi kembali menyinggung soal tingginya bea masuk prodik Indonesia ke negara itu.
Bukan pertama kali hal tersebut disinggung Jokowi ke PM Modi. Saat melawat ke India awal tahun ini, masalah tersebut menjadi salah satu topik utama pembahasan.
PM Modi Datang, RI-India Naikkan Level Kemitraan (11453)
PM India Narendra Modi dan Presiden Jokowi (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
"Secara khusus saya juga meminta perhatian PM Modi terkait tingginya tarif atas produk kelapa sawit Indonesia, beliau tadi menyanggupi untuk melihat dari masalah-masalah yang kita sampaikan," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Menambahkan pernyataan Jokowi, PM Modi menegaskan lawatan kenegaraannya ke Indonesia ditujukan untuk kebaikan ke dua negara.
"Kita menghadapi perubahan yang sama, kita harus bekerja sama untuk mewujudkan kesejahteraan bersama," ucap Modi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white