kumparan
26 Juni 2018 21:54

Polda Banten Membantah Habiburokhman Soal Mudik Neraka 2018

Tol JKT ke arah Merak sangat lengang (Foto: Adhie Ichsan/kumparan)
Politikus Gerindra Habiburokhman menyebut ada kemacetan dari Exit Tol Merak menuju gerbang masuk Pelabuhan Merak, Banten. Namun pernyataan tersebut dibantah oleh Wakapolda Banten, Kombes Tomex Kurniawan.
ADVERTISEMENT
"Pada H-2 Lebaran (Rabu, 13 Juni 2018) itu sepi. Saya yang pantau langsung sama Kapolda (Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo)," kata Tomex kepada kumparan, Selasa (26/6).
Tomex mengatakan memang pada hari itu diberlakukan sistem one way dari arah Exit Tol Merak menuju Gerbang Pelabuhan Merak. Tujuannya untuk mengurai kepadatan kendaraan yang hendak masuk ke Pelabuhan Merak.
"Itu jalan Arteri itu, Cikuasa Atas. Jarak dari Exit Tol ke gerbang pelabuhan itu kan 6 sampai 7 kilometer, jadi hari itu sempat kita berlakukan one way untuk mengurai kepadatan. Untuk dari Merak ke arah Jakarta kendaraan diarahkan lewat jalur Cikuasa Bawah," katanya.
Anggota Majelis Kehormatan Gerindra Habiburokhman (Foto: Aprilandika Pratama/kumparan)
Tomex juga menjelaskan tindakan one way itu diberlakukan pada pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 10.00 WIB. Tujuannya untuk menerima arus kendaraan dari Jakarta menuju Merak.
ADVERTISEMENT
"Kan jarak tempuh Merak ke Jakarta itu sekitar 1,5 jam sampai 2 jam kan. Antrean di Pelabuhan 1,5 jam Paling lama untuk masuk kapal. Jarak penyeberangan Merak ke Bakauheni itu waktunya 2 jam dan proses bongkar muat (kapal) kira-kira 1 jam. Setiap dermaga itu 10 menit durasi keberangkatan jadi ada 2.400 kendaraan setiap 1 jam," jelas Tomex.
"Jalan juga lancar di H-2 tapi adanya perlambatan saja. Sekarang kalau 6 sampai 7 kilometer itu kira-kira (kapasitas jalan) ada 700 sampai 800 mobil pelan-pelan masuk (Merak) ya. Sementara kendaraan yang bergerak saat itu sekitar 2.000 sampai 3.000 kendaraan makanya kita lakukan one way untuk mengurai kepadatan," bebernya.
Pada konferensi pers yang digelar Habiburokhman di Jakarta, anggota Bidang Advokasi Gerindra Rudi Hermanto mengatakan ada contraflow di Jalur Cikuasa Atas atau di Exit Tol Merak menuju Pelabuhan. Akan tetapi hal itu dibantah oleh Tomex.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada contraflow. Yang ada itu kita berlakukan one way kalau ada kepadatan," ujar Tomex.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan