kumparan
27 Januari 2020 18:26

Polda Jabar Naikkan Kasus Sunda Empire ke Penyidikan

Sunda Empire
PM Sunda Empire Nasri Banks. Foto: Youtube/Sunda Empire
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan telah menaikkan status kasus Sunda Empire dari tahap penyelidikan menjadi penyidikan.
ADVERTISEMENT
Dengan naiknya status tersebut, Polda Jabar segera menetapkan tersangka.
"Untuk tersangka tunggu pemeriksaan besok (Selasa). Kasus sudah naik ke penyidikan," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Reskrimsus) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Hendra Suhartiyono, di Bandung, Senin (27/1) seperti dilansir Antara.
Hendra menyebut seseorang yang akan diperiksa pada Selasa ialah Perdana Menteri Sunda Empire, Nasri Banks. Sebelumnya Nasri Banks telah diperiksa saat kasus ini masih dalam tahap penyelidikan.
"Besok ada pemeriksaan lagi, salah satunya NB (Nasri Banks)" kata Hendra.
Petinggi Sunda Empire HRH Ki Ageng Ranggasana
Petinggi Sunda Empire HRH Ki Ageng Ranggasana. Foto: Denita BR Matondang/kumparan
Dalam kasus ini, Polda Jabar telah memeriksa 8 saksi termasuk Nasri Banks. Sementara saksi lain di antaranya eks Rektor Universitas Padjadjaran, Ganjar Kurnia, sebagai ahli sejarah dan Rektor Unisba sebagai ahli pidana.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Petinggi Sunda Empire, HRH Ki Ageng Ranggasasana, mengklaim Sunda Empire merupakan lembaga tingkat dunia yang memiliki tujuan untuk mensejahterakan dan mewujudkan perdamaian dunia. Menurut dia, Sunda Empire beranggotakan negara dan pemerintahan di dunia.
Rangga menambahkan, Sunda Empire terdiri atas enam wilayah yang meliputi Atlantik sebagai pusat Ibu Kota dunia yang berada di Bandung sebagai titik nol, Sunda Nusantara, Sunda Archipelago, Sunda Eropa, Sunda Pasific, dan Sunda Mainland.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan