kumparan
News17 Januari 2020 14:26

Polda Jabar Selidiki Tujuan Berdirinya Sunda Empire di Bandung

Konten Redaksi kumparan
Sunda Empire
Sunda Empire. Foto: Youtube/Sunda Empire
Publik di media sosial diramaikan keberadaan Sunda Empire, sejenis kerajaan baru layaknya Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah. Sunda Empire ini disebut berada di Bandung, Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat langsung merespons keberadaan Sunda Empire itu. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Saptono Erlangga mengatakan institusinya telah menerima informasi terkait hal tersebut.
"Dan saat ini, dari jajaran Ditreskrimum Polda Jabar sedang melakukan pendalaman dan penyelidikan," ujar Erlangga, melalui pesan WhatsApp, Jumat (17/1).
Erlangga menuturkan, pihaknya telah mendapat laporan terkait keberadaan Sunda Empire sejak Kamis (16/1) dari masyakarat. Meski begitu, institusinya belum dapat mengambil kesimpulan adanya tindakan pidana dalam perkumpulan tersebut.
“Belum sampai ke situ (tindak pidana). Kita dalami dulu mereka ini siapa,” kata Erlangga.
Dalam informasi yang tersebar di media sosial, Sunda Empire disebutkan lahir untuk menyambut Indonesia yang lebih makmur dan sejahtera. Masih dalam postingan yang sama, masa pemerintahan dunia saat ini disebut berakhir sampai 15 Agustus 2020.
ADVERTISEMENT
Sunda Empire berulang kali mengunggah aktivitasnya di media sosial yakni YouTube dengan nama Sunda Empire. Selain YouTube, tulisan tentang Sunda Empire juga ramai di Facebook.
Akun bernama Renny Khairani Miller sempat mengunggah tulisan Sunda Empire-Earth Empire yang menyinggung mengenai Indonesia baru yang lebih makmur dan sejahtera dengan mengendalikan sistem pemerintahan dunia di Bandung.
kumparan menghubungi akun Renny Khairani Miller lewat pesan tertulis, tapi belum mendapat jawaban.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan