kumparan
9 Oktober 2018 16:44

Polisi Bandara India Diminta Irit Senyum

Ilustrasi polisi bandara di India
Ilustrasi polisi bandara di India. (Foto: AFP/MANAN VATSYAYANA)
Polisi Bandar Udara di India diperintahkan untuk irit senyum. Kebijakan ini diambil untuk memperketat keamanan di seluruh bandar udara di negara tersebut.
ADVERTISEMENT
Keterangan Central Industrial Security Force (CSIF) yang berwenang dalam keamanan transportasi udara menyatakan, mereka telah beralih dari 'sistem senyum lebar' ke 'sistem secukupnya'.
CISF menyebut, saat ini petugas keamanan bandara sudah semestinya bersikap lebih waspada dibandingkan ramah terhadap orang lain.
Ilustrasi polisi bandara di India
Ilustrasi polisi bandara di India. (Foto: AFP/DIPTENDU DUTTA)
"Kami tak bisa terlalu ramah dengan penumpang, alasannya coba lihat apa yang terjadi pada 9/11. Itu karena terlalu percaya pada sistem keramahtamahan terhadap penumpang," sebut Direktur Jenderal CISF Rajesh Ranjan seperti dikutip dari AFP, Selasa (9/10).
Ranjan menambahkan agar sistem irit senyum dapat berjalan baik, seluruh personel kepolisian bandara akan dilatih oleh pihak konsultan internasional.
Selama satu dekade, India mengalami lonjakan penumpang transportasi udara sebanyak enam kali lipat. Kenaikkan signifikan disebabkan konektivitas luas serta harga tiket pesawat yang semakin murah.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, sampai saat ini, bandara di India berhadapan dengan masalah keamanan terbang serta kapaistas. Dibutuhkan dana miliaran USD demi memperkuat keamanan di bandara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan