kumparan
26 April 2019 15:15

Polisi Cari Rian Subroto, Pengguna Jasa Vanessa Angel yang Kini Buron

sidang perdana, Vanessa Angel
Terdakwa kasus dugaan penyebaran konten asusila Vanessa Angel (tengah) dikawal petugas sebelum menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Jawa Timur, Rabu (24/4). Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Kepolisian Daerah Jawa Timur membenarkan pengguna jasa Vanessa Angel, Rian Subroto, masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) alias buronan.
ADVERTISEMENT
Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera mengatakan, permintaan DPO itu berasal dari jaksa di Kejaksaan Tinggi Jawa Timur lantaran Rian kerap mangkir sebagai saksi di sidang.
"Kemarin jaksa penuntut umum sudah menyampaikan bahwa Rian DPO, itu sudah ditembuskan kepada kami. Nah kewajiban Polri menghadirkan saksi, itu nanti kita cari itu. Karena itu adalah DPO untuk dihadirkan di pengadilan sesuai dengan perintah hakim. Nah itu sudah ditembuskan kepada kami, kami akan cari," kata Barung di kantornya, Jumat (26/4).
Frans Barung Mangera
Kabid Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera. Foto: Phaksy Sukowati/kumparan
Sebelumnya, dalam berkas Vanessa Angel, Rian Subroto berstatus DPO sejak 15 Maret 2019. Meski masuk dalam DPO, jaksa penuntut umum kasus Vanessa, Novan Arianto mengatakan, Rian masih berstatus sebagai saksi.
ADVERTISEMENT
Rian hanya dicari agar bisa bersaksi dalam sidang kasus Vanessa Angel.
"Sampai sekarang kami masih berupaya mencari. Polisi juga mencari yang bersangkutan. Ia di-DPO-kan karena yang bersangkutan tidak bisa dimintai keterangannya, kami masih butuh keterangannya," kata Novan, di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (24/4).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan