kumparan
16 Jan 2019 14:37 WIB

Polisi ke Novel: Bila Ada Petinggi Polri Terlibat, Tuangkan di BAP

Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal (tengah). (Foto: Mirsan Simamora/kumparan)
Polri memastikan mantan Kapolda Metro Jaya Komjen Pol M Iriawan atau pernah memperingatkan Novel Baswedan bahwa akan ada penyerangan terhadap dirinya. Polri kini meminta Novel untuk mengungkap siapa petinggi Polri yang diduga terlibat penyerangan.
ADVERTISEMENT
"Kalau memang ada oknum petinggi Polri, Saudara NB, saya sebagai Karopenmas dulu, silakan Saudara NB hadir di Polda, sebutkan dan tuangkan di penyidik Polda Metro. Hadir, akan kami periksa dan menjadi petunjuk. Kami akan dalami dan kejar, dan pembuktian yang ilmiah," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol M Iqbal, di Mabes Polri Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (16/1).
Novel Baswedan di gedung KPK. (Foto: Helmi Afandi/kumparan)
Iqbal memastikan, informasi dari Koalisi Masyarakat Sipil yang menyebut Iwan Bule pernah memperingatkan Novel sudah dikonfirmasi langsung kepada yang bersangkutan. Dalam pemeriksaan yang digelar oleh Propam Polri, Iwan Bule menyatakan tidak pernah menyampaikan peringatan itu.
"Pemeriksaan itu resmi, dalam mekanisme kepolisian, ada indkasi, apa pun kalau terlibat tindak pidana, langsung, kami periksa. Bahwa yang bersangkutan (Iwan Bule) tidak pernah mengatakan itu," kata Iqbal.
ADVERTISEMENT
Iqbal menegaskan, Polda Metro Jaya sudah bekerja dengan maksimal dalam mengungkap kasus ini. Penyidik sudah memeriksa puluhan CCTV hingga toko kimia yang diduga berkaitan dengan kasus ini. Tapi, memang belum ada petunjuk yang signifikan.
"Polri profesional, Polri pengayom pelayan masyarakat, korban harus kita layani dengan baik," ucap dia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan