kumparan
20 November 2019 20:59

Polisi Pastikan Nicolaus, Kopilot Wings Air, Bunuh Diri

Ilustrasi Wings Air
Ilustrasi Wings Air. Foto: Shutter Stock
Polisi telah memastikan kopilot Wings Air Nicolaus Anjar Aji Suryo Putro meninggal bunuh diri. Jasad pria 29 tahun itu ditemukan di kamar indekosnya di Kalideres, Jakarta Barat pada Senin (18/11) sekitar pukul 21.00 WIB.
ADVERTISEMENT
"Sejauh ini seperti itu (bunuh diri), karena memang tidak ada sama sekali baik dari luka yang ada di sekujur tubuh almarhum juga tidak ditemukan luka benda tumpul atau benda keras dan lain-lain tidak ada. Hasil visumnya memang karena jeratan di leher meninggal," kata Kapolsek Kalideres AKP Indra Maulana saat dikonfirmasi Rabu (20/11).
Indra menjelaskan jasad Nicolaus pertama kali ditemukan oleh saudara, tetangga kos, dan pihak keamanan kos. Saat itu adik kandung korban yang juga satu indekos dan beda kamar diminta tolong oleh keluarganya untuk memeriksa korban.
Keluarga meminta adiknya itu mengecek Nicolaus karena ponselnya tidak bisa dihubungi.
Nicolaus Anjar, Kopilot Wings Air yang Diduga Bunuh Diri PTR
Nicolaus Anjar, Kopilot Wings Air yang Diduga Bunuh Diri. Foto: Dok. Istimewa
"Dari situ adiknya mengecek ke kamar itu. Coba ketok tidak ada jawaban, kemudian minta tolong penjaga kosan dan tetangga kamar kosnya, akhirnya sesuai kesepakatan didobrak pintu kamarnya. Memang langsung ditemukan almarhum itu dalam kondisi tergantung di kusen pintu kamar," kata Indra.
ADVERTISEMENT
Indra mengatakan jasad Nicolaus kemudian dibawa ke RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur untuk divisum. Hasil visum menyatakan Nicolaus telah meninggal 10 jam sebelum ditemukan.
"Jenazah sudah dibawa keluarga ke Solo," kata Indra.
Terkait penyebab bunuh diri yang dilakukan Nicolaus, Indra belum bisa memastikannya. Ia mengatakan sejauh ini baru memeriksa saksi-saksi dan mengamankan barang bukti.
"Jadi sementara yang baru kami amankan yaitu pakaian korban beserta tali sebagai alat bunuh dirinya. Kemudian juga pemeriksaan terhadap saksi-saksi seperti pemilik kosan, penjaga kosan, adik korban yang satu kosan dengan korban. Kemudian tetangga kamar almarhum," kata Indra.
Sebelumnya, Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantono mengatakan segenap manajemen, kru pesawat, dan karyawan Wings Air mengucapkan rasa duka yang mendalam dan menyampaikan turut prihatin atas meninggalnya Nicolaus. Mengenai penyebab meninggalnya Nicolaus, Danang tidak mau memberikan keterangan jelas. Namun, Danang dalam rilisnya sempat menyinggung soal penerapan aturan kedisiplinan karyawan perusahaan.
ADVERTISEMENT
---------------------------
Anda bisa mencari bantuan jika mengetahui ada sahabat atau kerabat, termasuk diri anda sendiri, yang memiliki kecenderungan bunuh diri.
Informasi terkait depresi dan isu kesehatan mental bisa diperoleh dengan menghubungi dokter kesehatan jiwa di Puskesmas dan Rumah Sakit terdekat, atau mengontak sejumlah komunitas untuk mendapat pendampingan seperti LSM Jangan Bunuh Diri via email janganbunuhdiri@yahoo.com dan saluran telepon (021) 9696 9293, dan Yayasan Pulih di (021) 78842580.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan