Polisi Selidiki Peretasan WA Butet Kartaredjasa: Temukan Ilegal Akses

10 Desember 2023 16:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Budayawan Yogyakarta Butet Kartaredjasa, Jumat (13/10).  Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Budayawan Yogyakarta Butet Kartaredjasa, Jumat (13/10). Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
ADVERTISEMENT
Polda DIY melakukan penyelidikan terkait peretasan WhatsApp (WA) yang dialami seniman Butet Kartaredjasa. Butet sebelumnya mengaku aplikasi WhatsApp-nya diretas orang pada Sabtu (9/12) yang membuatnya tidak bisa mengakses WA tersebut.
ADVERTISEMENT
"Sejak Sabtu, 9 Desember 2023 tim gabungan Ditreskrimum dan Ditreskrimsus melakukan penyelidikan dan ditemukan nomor WA Pak Butet terhubung dengan device lain," kata Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Nugroho Arianto dalam keterangannya, Minggu (10/12).
Menurut Nugroho hal itu merupakan tindakan ilegal. Maka itu pihaknya akan menindaklanjuti kasus tersebut.
"Kejadian ini merupakan illegal akses terhadap aplikasi WhatsApp pada ponsel Pak Butet yang bisa disalahgunakan, oleh sebab itu Polda DIY akan menindaklanjuti permasalahan ini hingga tuntas,” pungkas Nugroho.

WA Butet Diretas

Ilustrasi hacker. Foto: Shutterstock
Butet sebelumnya mengumumkan WA-nya tidak bisa diakses sejak Sabtu (9/12) pukul 03.00 WIB. Ia mengungkapkan sempat mendapat notifikasi yang mirip dengan pemberitahuan pembaruan iOS. Ia sempet diminta untuk mengisi OTP.
"Saya isi OTP tiga kali, padahal ngisinya sudah benar terus tidak bisa mengakses WA lagi. Setelah itu sampai sekarang [tak bisa akses WA]," ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (9/12).
ADVERTISEMENT
Sejak mendapat notifikasi itu, Butet masih belum bisa mengakses WA. Bahkan, ia sempat tidak bisa mengakses handphone-nya.
"[Tapi] sekarang sudah bisa. Saya enggak bisa mengakses ke luar. Anak saya, saya suruh telepon juga tidak bisa," ujarnya.
Meski demikian, Butet masih bisa mengakses media sosial seperti Instagram dan Telegram.
Meski demikian, Butet enggan menghubungkan peretasan WA dengan dirinya yang dilaporkan ke Bareskrim Polri.