kumparan
26 Desember 2019 14:31

Polisi Tangkap Driver Ojol Pengedar Tembakau Gorila di Yogya

Tembakau Gorila
Berbagai kemasan tembakau gorila Foto: Aria Pradana/kumparan
Seorang pengemudi ojek online (ojol) ditangkap jajaran Ditresnarkoba Polda DI Yogyakarta setelah kedapatan mengedarkan 156,22 gram tembakau gorila. Pengemudi ojol berinisial EF (32) ditangkap di rumah kontrakannya di Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman, pada 18 Desember lalu.
ADVERTISEMENT
Wakil Direktur Ditresnarkoba DIY AKBP Bakti Andriyono menjelaskan, tembakau gorila itu rencananya akan diedarkan EF pada perayaan malam Tahun Baru 2020.
"Pelaku menyalahgunakan narkotika jenis tembakau gorila 156,22 gram. Tembakau gorila itu siap diedarkan saat perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," ujar Bakti di Mapolda DIY, Kamis (26/12).
Tembakau Gorila
Salah satu kemasan tembakau gorila. Foto: Aria Pradana/kumparan
EF memesan barang haram tersebut melalui media sosial. Kepada petugas, dia sempat berkilah tembakau gorila itu hanya akan dikonsumsi sendiri. Namun, setelah ditelusuri, EF mengaku akan menjual dengan sistem cash on delivery (COD).
"Biasanya dipakai sendiri, tetapi ternyata ada rencana untuk menjualnya," kata dia.
Dari pengakuannya, EF juga telah mengonsumsi tembakau gorila itu selama empat bulan. Dia biasanya mengonsumsi pada malam hari.
ADVERTISEMENT
Atas kasus ini, EF dijerat dengan Pasal 122 ayat (2) Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Permenkes RI Nomor 44 Tahun 2019. Ancaman hukumannya paling lama 12 tahun penjara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan