News4 Januari 2019 6:10

Politikus Demokrat Nancy Pelosi Pimpin Dewan Perwakilan AS

Konten Redaksi kumparan
Politikus Demokrat Nancy Pelosi Pimpin Dewan Perwakilan AS (960763)
Nancy Pelosi (Foto: SAUL LOEB / AFP)
Politikus Partai Demokrat Nancy Pelosi kembali menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat periode 2019-2020. Nancy terpilih menggantikan politikus Republik Paul Ryan, setelah mendapat suara mayoritas dalam pemilihan yang berlangsung pada Kamis (3/1) waktu Washington D.C.
ADVERTISEMENT
Jabatan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat bukan pertama kali diemban Nancy. Dia pernah duduk di posisi yang sama pada 2007 hingga 2011. Kala itu, Nancy menjadi perempuan pertama dalam jabatan tersebut.
Diberitakan Reuters, jabatan itu secara resmi kembali ke Nancy setelah 220 dari 435 anggota Dewan Perwakilan memberikan suara kepadanya. Dia mengalahkan pesaing utamanya Kevin McCarthy yang berasal dari Partai Republik. McCarthy hanya mendapatkan dukungan dari 192 anggota Dewan Perwakilan.
Politikus Demokrat Nancy Pelosi Pimpin Dewan Perwakilan AS (960764)
Pemimpin Demokrat Nancy Pelosi. (Foto: REUTERS/Yuri Gripas)
Kemenangan Nancy menandai peralihan kepemimpinan Dewan Perwakilan Amerika Serikat yang terus dipimpin politikus Partai Republik sejak 2011. Partai Demokrat kembali menguasai Capitol Hill (Gedung Parlemen Amerika Serikat) setelah banyak kadernya berhasil menjadi anggota parlemen dalam pemilu sela November 2018.
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya, perempuan 78 tahun ini mengimbau para anggota parlemen agar bersatu. "Mari kita semua berjanji, ketika kita berselisih, kita saling menghormati satu sama lain dan kita akan menghormati kebenaran," kata Nancy seperti dilansir AFP.
Dia juga sempat menyinggung soal government shutdown akibat Trump yang masih bersikeras ingin membangun tembok di perbatasan Mexico. Demokrat disebut bakal menyusun undang-undang agar pemerintahan berjalan kembali.
Sebelum menjadi Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy merupakan pemimpin oposisi di Parlemen Amerika Serikat. Dalam beberapa kesempatan dia melontarkan kritik terkait kebijakan Pemerintahan Trump. Bahkan saat bertemu di Gedung Putih, Nancy dan Trump terlibat dalam debat yang terekam sejumlah kamera jurnalis.
Politikus Demokrat Nancy Pelosi Pimpin Dewan Perwakilan AS (960765)
Pemimpin Demokrat Nancy Pelosi (kiri) bersama Presiden AS Donald Trump (kedua dari kiri). (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white