Polling: 5-8 April Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik, Kapan Anda Pulang Kampung?

25 Maret 2024 16:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Foto udara sejumlah mobil pribadi dan bus berisi pemudik antre menaiki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (19/4/2023). Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Foto udara sejumlah mobil pribadi dan bus berisi pemudik antre menaiki kapal di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (19/4/2023). Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
Polri memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada Jumat, 5 April 2024. Polri akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait untuk mempersiapkan agar arus mudik berjalan lancar.
ADVERTISEMENT
"Ya, tadi kami sudah sampaikan sekitar tanggal 5 April 2024 tadi. Namun demikian hasil analisa dan evaluasi sementara ini akan dilakukan rapat dengan stakeholder terkait nanti kita akan sampaikan terkait dengan puncak baik itu mudik maupun arus balik tentu akan menjadi bahan koordinasi secara internal maupun eksternal tentunya," kata Karo Penmas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko saat dijumpai di Kantor Divisi Humas Polri, Mabes Polri, Jaksel, Rabu (6/3).
Sementara itu, Kemenhub menyebut arus mudik diprediksi terjadi mulai H-4 lebaran atau Sabtu, 6 April 2024 hingga H-2 Lebaran atau Senin, 8 April 2024 . Lebaran sendiri jatuh pada 10 April 2024.
Persiapan kebijakan oneway dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Jakarta. Foto: Twitter/@TMCPoldaMetro
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kemenhub. jumlah masyarakat yang akan mudik tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang. Ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 123,8 juta orang.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan data tersebut mobil pribadi dan sepeda motor masih menjadi transportasi favorit untuk mudik. Sebanyak 35,42 juta orang akan mudik menggunakan mobil pribadi, sedangkan yang akan mengunakan motor jumlahnya sebanyak 31,12 juta orang.
Lantas, kapan kamu pulang kampung? Sampaikan jawabanmu dalam polling kumparan di bawah ini. Berikan juga pendapatmu dalam kolom komentar.