kumparan
search-gray
News1 Agustus 2020 22:57

Polri Larang Truk ODOL dan Sumbu 3 Melintas di Tol Saat Arus Balik Idul Adha

Konten Redaksi kumparan
Polri Larang Truk ODOL dan Sumbu 3 Melintas di Tol Saat Arus Balik Idul Adha (162546)
Truk yang kelebihan muatan atau over dimension over load (Odol) melintas di jalan tol. Foto: Dok. Joko Setiowarno
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan larangan pada truk sumbu 3 dan bermuatan berat atau truk ODOL (over dimension over loading) melintas di tol, mulai Sabtu (1/8) hingga Senin (3/8). Hal itu untuk menghindari kemacetan saat arus balik Idul Adha 1441 H.
ADVERTISEMENT
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, larangan truk bermuatan berat mulai berlaku mulai dari perbatasan Tol Jawa Timur-Jawa Tengah ke arah Jakarta. Mereka akan dialihkan ke jalur arteri oleh kepolisian di setiap polda.
“Untuk itu, mulai Sabtu (1/8) sampai dengan hari Senin (3/8) pukul 08.00 WIB, diberlakukan kendaraan barang sumbu tiga ke atas dari Jawa Tengah menuju Jakarta dilarang melewati jalur tol,” kata Istiono lewat keterangannya, Sabtu (1/8).
“Hanya saja dialihkan melewati jalan arteri atau jalan nasional. Pengalihan dimulai dari perbatasan tol Jawa Timur-Jawa Tengah, exit-exit tol Jawa Tengah. Dengan demikian dipastikan clear betul di Exit Tol Kanci tidak ada yang melewati jalur tol,” tambah Istiono.
Polri Larang Truk ODOL dan Sumbu 3 Melintas di Tol Saat Arus Balik Idul Adha (162547)
Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono meninjau Pelabuhan Merak, Banten. Foto: Dok Polri

Diprediksi 300 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta Saat Arus Balik Idul Adha

Istiono memprediksi lebih dari 300 ribu kendaraan akan melintas di jalur tol kembali ke Jakarta saat arus mudik. Ribuan kendaraan ini akan melintas di Gate Tol Cikarang Utama (Cikatama) dan Kalitama. Penumpukan pun diprediksi akan terjadi di KM 66.
ADVERTISEMENT
“Arus balik diprediksi ada sekitar 160 ribu kendaraan yang kembali ke Jakarta melalui gate Tol Cikatama dan 140 ribu melalui Kalitama, sehingga akan mengalami penumpukan di pertemuan KM 66,” ujar Istiono.
Polri telah memprediksi puncak arus balik Idul Adha 1441 H jatuh pada Minggu (2/8). Untuk itu, masyarakat diimbau untuk pulang lebih awal dari kampung halamannya.
————-----------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white