kumparan
27 Maret 2020 16:19

Potong Penyebaran Corona, Dua Jalan Protokol di Surabaya Ditutup Sementara

Ilustrassi ETLE, pengendara kendaraan bermotor
Pengendara kendaraan bermotor berhenti di lampu merah perempatan Jalan Darmo-Jalan Pandegiling, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (19/2). Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Dua jalan protokol di Surabaya bakal ditutup sementara. Hal itu dilakukan untuk mengurangi aktivitas masyarakat.
ADVERTISEMENT
Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Teddy Chandra mengatakan, dua jalan protokol itu adalah Jalan Darmo dan Jalan Tunjungan. Baik kendaraan maupun orang tidak diperkenankan lewat karena jala itu akan diberlakukan kawasan physical distancing.
Rencananya, kedua jalan itu bakal ditutup pada Jumat (27/3) dan Sabtu (28/3) pada pukul 19.00-23.00 WIB. Serta pada Sabtu (28/3) dan Minggu (29/3) pada pukul 10.00-14.00 WIB.
Dua Jalan Utama di Surabaya ditutup Sementara
Pengumuman dua jalan utama di Surabaya ditutup sementara. Foto: Istimewa
Sementara itu, arus bakal dialihkan seperti pemberlakuan Car Free Day (CFD) pada setiap akhir pekan. Misalnya, kendaraan dari arah Jalan A Yani menuju pusat kota, bakal dilalihkan ke Jalan Arjuno.
Teddy menyebut, penutupan sementara itu akan disesuaikan dengan kondisi Kota Surabaya. Ia meminta agar masyarakat tidak kaget dengan polda penutupan ini. Sebab, hal ini biasa terjadi saat CFD dilakukan.
ADVERTISEMENT
“Semuanya bersifat situasional. (Dua jalan ini) bebas dari segala bentuk aktivitas orang dan kendaraan,” kata Teddy saat dikonfirmasi, Jumat (27/3).
Diketahui, Kota Surabaya kini menjadi zona merah COVID-19. Pada catatan Pemprov Jatim per Kamis 27 Maret 2020, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 3.055 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 221 orang, dan positif virus corona sebanyak 59 orang.
Dari jumlah itu, di Surabaya ada 33 orang positif COVID-19, 16 PDP, dan 189 ODP.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan