News
·
21 Februari 2021 12:52

Potret Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Corona di RSUD Kembangan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Potret Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Corona di RSUD Kembangan (264211)
Sejumlah warga lansia mengantre vaksinasi corona di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (21/2). Foto: Johannes Kimono
Lansia menjadi kelompok yang kini mendapat giliran vaksinasi corona. Dilakukan bertahap di ibu kota provinsi, vaksinasi menyasar sekitar 21 juta orang lansia.
ADVERTISEMENT
Lansia di atas 60 tahun yang ingin mendapatkan vaksinasi bisa mendatangi fasyankes terdekat dari tempat tinggal. Bisa klinik, puskesmas, maupun rumah sakit.
Antusiasme lansia yang ingin mendapatkan vaksin Sinovac ternyata sangat tinggi. Salah satunya terlihat pada potret antrean vaksinasi di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (21/2) pukul 10.00 WIB.
Ahli wabah UI Pandu Riono menyampaikan kabar ini dari kerabatnya. Ia memposting di Twitter, bagaimana para lansia berbaris dengan rapi dan tetap memakai masker.
"Artinya positif, antusiasme publik luar biasa," kata Pandu kepada kumparan, Minggu (21/2).
Pandu pun juga memohon bantuan ke Dinkes DKI agar antrean tersebut bisa dijaga dengan baik. Sehingga para lansia tetap bisa menjaga jarak.
"Laporan sudah ditanggapi Pemprov DKI," tutur dia.
Potret Lansia Antusias Ikut Vaksinasi Corona di RSUD Kembangan (264212)
Epidemiolog UI, Pandu Riono. Foto: Dok. Pribadi
Menurut Pandu, vaksinasi untuk lansia memang harus terus digenjot. Sebab, mereka adalah kelompok yang paling rentan jatuh dalam kondisi buruk apabila terpapar corona.
ADVERTISEMENT
"Kita harus bantu agar para lansia yang sulit datang ke layanan vaksinasi, apakah dengan menjemput dan mengantarkan. Kita bisa sesuaikan dengan kemampuannya agar semua lansia di 34 kota yang diprioritaskan bisa semuanya divaksinasi," urai dia.
"Agar angka hospitalisasi dan kematian dapat ditekan serendah-rendahnya," tutupnya.