PPKM Darurat di Bali Berlaku, Ini Bedanya Dengan PPKM Mikro

2 Juli 2021 20:29
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
PPKM Darurat di Bali Berlaku, Ini Bedanya Dengan PPKM Mikro (259865)
zoom-in-whitePerbesar
Ketentuan perjalanan dalam negeri saat PPKM Darurat di Pulau Jawa dan Bali. Foto: Youtube/@BNPB
ADVERTISEMENT
Pemerintah menganti sistem pembatasan aktivitas masyarakat untuk menekan laju virus corona. Pembatasan yang awalnya dilakukan secara mikro kini diperketat dengan PPKM darurat.
ADVERTISEMENT
Pembatasan PPKM Mikro di Pulau Dewata dituangkan dalam SE Gubernur Bali Nomor 8 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat Berbasis Desa/Kelurahan dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali. Aturan ini berlaku sejak 28 Juni 2021 hingga PPKM Darurat berlaku.
Pembatasan dalam PPKM Darurat dituangkan pada SE Gubernur Bali Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Kegiatan Masyarakat (PPKM Darurat) Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali. Aturan ini berlaku sejak 3 sampai 20 Juli 2021
PPKM Darurat di Bali Berlaku, Ini Bedanya Dengan PPKM Mikro (259866)
zoom-in-whitePerbesar
Wisatawan menjalani tes cepat (rapid test) swab antigen COVID-19 secara gratis di kawasan pariwisata Pantai Kuta, Badung, Bali, Sabtu (26/12/2020). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO
Berikut perbedaan pembatasan PPKM Mikro dan PPKM Darurat di Bali
Sekolah
Pada PPKM Mikro pembelajaran digelar secara online atau offline sesuai zona wilayah dan keputusan kepala daerah. Pada PPKM Darurat pembelajaran digelar secara online.
ADVERTISEMENT
Kegiatan Per kantoran
Pada PPKM Mikro kegiatan perkantoran diberlakukan pembatasan 50 persen Work From Home (WFH). Pada PPKM Darurat pada jasa non esensial diberlakukan 100 persen WFH dan esensial 25 persen atau 50 persen Work From Out (WFO).
Kegiatan makan-minum
Pada PPKM Mikro kegiatan makan minum di restoran/warung dan sejenisnya diberlakukan pembatasan 50 persen dengan batas operasional hingga pukul 22.00 WITA. Layanan take away diberlakukan hingga jam operasional.
Pada PPKM Darurat kegiatan ini hanya menerima delivery/take away dan tidak menerima makan di tempat.
Pusat Perbelanjaan dan Pasar
Pada PPKM Mikro pusat perbelanjaan dan toko dapat beroperasional hingga pukul 22.00 WITA. Pada PPKM Mikro pusat perbelanjaan ditutup kecuali untuk restoran, supermarket,dan pasar swalayan.
ADVERTISEMENT
Pada PPKM Mikro pasar tradisional pembatasan sekadar pada jarak antar pedagang. Pada PPKM Darurat pasar tradisional dan toko dibatasi hingga pukul 20.00 WITA dengan kapasitas pengunjung 50 persen.
Objek Wisata
Pada PPKM Mikro objek wisata dapat buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Pada PPKM Darurat seluruh objek wisata ditutup.
Kegiatan Seni, Agama dan Olahraga
Pada PPKM Mikro kegiatan seni, budaya, olahraga, dan keagamaan diberlakukan pembatasan 50 persen dan pelaksaan rapid test antigen terhadap panitia dan peserta. Pada PPKM Darurat kegiatan seni, olahraga dihentikan. Sementara itu, kegiatan keagamaan dilakukan dengan terbatas.
Konstruksi
Pada kegiatan PPKM Mikro kegiatan esensial dan konstruksi dapat beroperasional 100 persen dengan memperhatikan protokol kesehatan. Aturan ini juga berlaku pada PPKM Darurat.
ADVERTISEMENT
Syarat perjalanan
Pada PPKM Mikro Bagi pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) yang ke Bali melalui udara wajib menunjukkan surat negatif corona berbasis PCR atau paling lama 2x24 jam sebelum keberangkatan.
Pada PPKM Darurat, PPDN yang ke Bali melalui udara menunjukkan surat berbasis PCR 2x24 jam dan menunjukkan surat vaksin.
Sedangkan, bagi PPDN yang ke Bali melalui darat dan laut pada PPKM Mikro PPDN wajib menunjukkan bukti bebas corona berbasis rapid test antigen paling lama 3x24 jam. Pada PPKM Darurat PPDN wajib menunjukkan bukti bebas corona berbasis rapid test antigen paling lama 2x24 jam dan surat vaksin.
Pada PPKM Mikro surat keterangan bebas corona berlaku selama 14 hari. Aturan bebas corona tidak berlaku bagi anak di bawah usia 5 tahun. Pada PPKM Darurat aturan ini dihapus diganti dengan surat keterangan bebas corona wajib berbasis OR. Aturan surat vaksin juga dikecualikan pada sopir logistik.
ADVERTISEMENT
Pernikahan
Pada PPKM Mikro tak ada aturan yang memuat tentang pembatasan pada acara pernikahan. Pada PPKM Darurat resepsi pernikahan dihadiri maksimal 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020