kumparan
11 Januari 2019 15:34

Prabowo di Dokumen Visi Misi Terbaru: Mari Perbaiki Indonesia

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berkunjung ke Aceh dalam rangka menghadiri peringatan 14 tahun tsunami Aceh di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Lampulo, Banda Aceh, Rabu (26/12). (Foto: Zuhri Noviandi/kumparan)
Memahami pemikiran dan gagasan Prabowo Subianto untuk Indonesia 5 tahun ke depan, dapat ditengok dalam pengantar yang ditulis di dokumen visi misi versi perubahan atau revisi.
ADVERTISEMENT
Tak seperti dokumen lama, di dokumen baru ini ada semacam kata pengantar dari Prabowo sebelum menjabarkan visi misinya. Mula-mula Prabowo menyebut bersyukur karena Indonesia dianugerahi dengan nikmat yang berlimpah dalam bentuk budaya, kekayaan alam, hutan, gunung, dan tanah yang subur.
Titipan harta bernama Indonesia itu diberikan agar kita bisa mengelolanya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Namun, kata Prabowo, ternyata kita belum mampu mengemban amanah dari Tuhan secara baik.
"Sejauh mata memandang, kita lihat sebagian besar adalah ketimpangan sosial. Sejauh telinga mendengar, sering kita dengar ratapan akibat kemiskinan. Sejauh hati memahami, kita rasakan ketidakadilan hukum dan ekonomi. Mereka yang hatinya tulus dan ikhlas tentu merasakan keprihatinan yang mendalam dengan kondisi Ibu Pertiwi saat ini," ucap Prabowo dalam dokumen sebanyak 38 halaman isi itu.
ADVERTISEMENT
Prabowo mengatakan terpanggil bersama Sandi untuk berjuang bersama rakyat memperbaiki kondisi ini. Pasangan nomor 02 itu berkomitmen menguatkan toleransi, persatuan, dan kerukunan antarbangsa.
"Kami memahami curahan hati segenap anak bangsa termasuk para alim ulama, petani, nelayan, buruh, guru, pegawai swasta, ukm, wirausahawan, dokter, TKI, ibu rumah tangga, dan segenap tumpah darah Indonesia. Kita bersama menginginkan kembalinya rasa keadilan dan kehiduan bangsa yang beradab dan luhur.
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Visi misi yang dibuat, kata Prabowo, memuat program strategis penguatan ekonomi, peningkatan kesejahteraan rakyat, dan mengembalikan adab berbangsa dan bernegara. Dia berkomitmen mengembalikan hasil alam Indonesia kepada rakyat yang berhak dalam bentuk pembangunan yang inklusif dan berkeadilan. Lapangan pekerjaan dibuka seluas-luasnya, dibarengi dengan harga kebutuhan pokok yang stabil dan terjangkau serta gizi bagi balita dicukupi negara.
ADVERTISEMENT
"Hukum tidak digunakan untuk kepentingan kekuasaan dan politik. Tidak kalah pentingnya, kami berkomitmen agar anak-anak bangsa mampu menguasai teknologi untuk mengolah kekayaan alam dan memberikana nilai tambah," kata mantan Danjen Kopassus itu.

Mari kita jaga dan perbaiki Indonesia, sebagai amanah yang sudah dititipkan Tuhan pada kita. Indonesia untuk semua, masa depannya ada di tangan kita.

- Prabowo Subianto

Dokumen perubahan itu diajukan tim Prabowo-Sandi ke KPU pada Rabu (9/1) kemarin. Namun, KPU menolak perubahan karena visi misi adalah dokumen yang menjadi bagian dari persyaratan capres-cawapres di masa pendaftaran.
Tak banyak yang berubah secara substansi, namun pasangan nomor 02 itu mengganti tagline dari 'Sejahtera Bersama Prabowo-Sandi', menjadi 'Indonesia Menang'. Begitu juga jumlahnya bertambah dari 15 menjadi 35 halaman.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan