kumparan
9 Januari 2020 17:46

Prabowo soal PA 212 Ingin Dirinya Dipecat: Boleh Saja, Silakan Bicara

PTR, Prabowo di Kantor Luhut Binsar Pandjaitan
Menhan Prabowo Subianto. Foto: Abdul Latif/kumparan
Prabowo Subianto angkat bicara terkait Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang ingin Presiden Jokowi memecat dirinya sebagai Menteri Pertahanan. Dia menilai hal itu sebagai bentuk dari negara demokrasi.
ADVERTISEMENT
"Oh ya benar. Oh ya, siapa? Boleh saja. Silakan saja bicara, kita kan negara demokrasi, orang boleh bicara apa saja," kata Prabowo sembari tersenyum usai menghadiri rapat bersama Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (9/1).
Saran diusulkan PA 212 karena sikap Prabowo dianggap lemah dalam menghadapi permasalahan kapal ikan asing China di Natuna. Menanggapi hal itu, Prabowo pun meresponsnya dengan santai.
"Enggak apa-apa," ujarnya singkat.
LIPSUS WAKIL PANGLIMA, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Informasi yang diperoleh, usulan pemecatan Prabowo pertama kali diungkapkan Ketua Divisi Hukum PA 212, Damai Hari Lubis. Dia menilai sejatinya Prabowo tak sejalan dengan Presiden Jokowi terkait perairan Natuna.
Baginya, Prabowo hanya mendiamkan konflik di wilayah perbatasan itu. Jauh berbeda dengan sikap yang selalu ditunjukan Jokowi bahwa tak ada tawar menawar kedaulatan di sana.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan