kumparan
9 September 2019 4:57

Presiden Brasil Absen dari Tugas Kenegaraan Pascaoperasi Hernia

Jair Bolsonaro
Jair Bolsonaro Foto: CARL DE SOUZA / AFP
Presiden Brasil Jair Bolsonaro sukses menjalani operasi hernia yang memakan waktu 5 jam pada Minggu (8/9) waktu setempat. Bolsonaro menjalani operasi akibat ditusuk pada sebuah kampanye Pilpres, September 2018.
ADVERTISEMENT
Dilansir Reuters, operasi kali ini untuk memperbaiki hernia insisional karena melemahnya jaringan-jaringan tertentu usai tiga operasi sebelumnya.
Juru Bicara Kepresidenan Brasil, Jenderal Otávio Barros, mengatakan Bolsonaro akan menjalani pemulihan pascaoperasi. Tugas kenegaraannya akan diambil alih Wakil Presiden Hamilton Mourão hingga Kamis (12/9).
Presiden Brasil Jair Bolsonaro
Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Foto: AFP/NELSON ALMEIDA
"Mourão, seorang mantan jenderal angkatan darat, akan bertindak sebagai presiden selama lima hari mulai hari Minggu," ujar Barros dalam sebuah pernyataan, Minggu (8/9).
Sementara itu Kepala Ahli Bedah, Antônio Macedo, mengatakan Bolsonaro diharapkan dapat pulih dalam waktu 7 hingga 10 hari ke depan.
Diketahui Bolsonaro ditusuk ketika berkampanye pada Pilpres tahun lalu.
Namun penusuk Bolsonaro, Adélio Bispo de Oliveira, dibebaskan setelah hakim memutuskan dia sakit jiwa. Meski demikian, Oliviera ditahan di rumah sakit jiwa untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan