kumparan
21 Agustus 2018 21:10

Pria di Makassar Ditangkap karena Bakar Gereja Toraja

Polisi tangkap seorang pria yang ingin membakar gereja, Selasa (21/8/18). (Foto: Istimewa)
Polda Sulawesi Selatan menangkap seorang pria bernama Jampang (18) di Kelurahan Pandang, Kecamatan Penakkukang, Kota Makassar. Tersangka diduga ingin membakar gereja menggunakan bensin yang sudah dipersiapkan dalam botol minuman instan.
ADVERTISEMENT
Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Dicky Sondani mengatakan, pelaku ditangkap sekitar pukul 17.00 WITA di dekat Gereja Toraja Jemaat Masale, Makassar. Saat itu tersangka berusaha memanjat tembok gereja dan melemparkan botol berisi bensin ke arah pintu gereja yang sedang ada kegiatan keagamaan.
"Botol dilemparkan pelaku, kemudian korek yang sudah dinyalakan juga dilemparkan ke arah pintu yang sudah terkena bensin," kata Dicky kepada kumparan, Selasa (21/8).
Dicky mengatakan, pintu gereja terbakar sehingga membuat jemaat panik. Selain itu, api juga membakar gardu listrik yang berdekatan dengan pintu gereja sehingga membuat lampu di dalam gereja padam. Beruntung, kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.
"Jemaat sempat panik, tapi berhasil ditenangkan penjaga gereja. Yang terbakar cuma pintu dan gardu listrik, untuk kerugiaan belum bisa kita prediksi jumlahnya," ujar Dicky.
ADVERTISEMENT
Tersangka saat itu juga dikejar satpam gereja dan diserahkan ke kepolisian setempat. Dari pengakuan tersangka, bensin telah dipersiapkan sejak Kamis (16/8) lalu. Polisi juga mengamankan barang bukti 1 botol berisi bensin, dan 1 korek api. "Motif tersangka masih kita selidiki," imbuh Dicky.
Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka saat ini mendekam di Mapolda Sulawesi Selatan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan