News17 September 2020 17:17

Prof Wiku: 11 Daerah Sumbang 26% Kasus Aktif Corona di Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Prof Wiku: 11 Daerah Sumbang 26% Kasus Aktif Corona di Indonesia (308886)
Tim medis mengevakuasi seorang pasien di dalam mobil ambulans saat simulasi penanganan wabah virus Corona di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (30/1). Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Kasus penularan virus corona di Indonesia tak hanya terjadi di wilayah DKI Jakarta. Namun juga sejumlah daerah yang kini kasus aktifnya lebih dari 1.000 dan menyumbang 26 persen kasus aktif virus corona secara nasional.
ADVERTISEMENT
Juru bicara pemerintah dan Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan ada 11 kabupaten/kota yang saat ini memiliki kasus aktif lebih dari 1.000 dan menyumbang 26 persen kasus aktif nasional. Beberapa di antaranya memang terjadi di wilayah Jakarta.
"Yang perlu jadi perhatian masih ada 11 kabupaten/kota dengan kasus aktif lebih dari 1.000," jelas Wiku saat konferensi pers secara virtual, Kamis (17/9).
"Kasus ini menyumbang 26 persen dari kasus aktif di Indoensia. apabila diperhatikan 11 kota ini dan proses penyembuhan maksimal maka jumlah kasus aktif ini akan turun," imbuhnya.
Prof Wiku: 11 Daerah Sumbang 26% Kasus Aktif Corona di Indonesia (308887)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Wiku lantas merincikan 11 daerah itu, yakni Kota Semarang, Kota Medan, Kota Bekasi, Kota Makassar, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Jakarta Timur, Kota surabaya, Kota Pekanbaru.
ADVERTISEMENT
"Dari segi demografi kabupaten/kota ini memang dengan jumlah penduduk padat dan merupakan kota besar," terang Wiku.
Prof Wiku: 11 Daerah Sumbang 26% Kasus Aktif Corona di Indonesia (308888)
Petugas Satpol PP menghukum warga yang tidak mengenakan masker saat Operasi Patuh Masker di Jalan Nyamplungan, Surabaya, Jawa Timur, Senin (6/7). Foto: Didik Suhartono/ANTARA FOTO
Wiku pun meminta agar pemda di 11 kabupaten/kota ini benar-benar memperhatikan kedisiplinan warga dalam menjalankan protokol kesehatan. Ia juga meminta masyarakat tak sekedar berpangku tangan, namun berperan aktif menekan penularan virus corona.
"Kami mohon 11 kabupaten/kota ini betul-betul menjaga penerapan protokol kesehatan di seluruh sektor sosial, ekonomi yang sudah berjalan. Kepada masyarakat untuk selalu pakai masker apabila hendak keluar rumah, selalu jaga jarak apabila di ruang terbuka dan tempat umum, dan rajin cuci tangan untuk tekan penyebaran kasus," pungkasnya.
----------------------------------
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white