News17 September 2020 17:11

Prof Wiku: Pasien Corona OTG Isolasi di Wisma Atlet Gratis, Termasuk Swab

Konten Redaksi kumparan
Prof Wiku: Pasien Corona OTG Isolasi di Wisma Atlet Gratis, Termasuk Swab (846842)
Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran tampak dari pesawat Microlight Trike. Foto: Aditya Pradana Putra/ ANTARA FOTO
Melonjaknya kasus positif virus corona di Jakarta membuat pemerintah harus menyiapkan lokasi isolasi bagi pasien tanpa gejala. Pemerintah membuka Tower 4 dan 5 di Wisma Atlet Kemayoran sebagai flat isolasi bagi pasien positif corona yang rumahnya tak memiliki fasilitas memadai untuk isolasi.
ADVERTISEMENT
Juru bicara Satgas COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, mengungkapkan flat isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran memiliki kapasitas besar untuk menampung pasien, yakni sekitar 3.000 orang.
"Pasien terdeteksi COVID-19, maka otomatis ia harus melakukan isolasi. Salah satunya memanfaatkan fasilitas kesehatan yang disediakan pemerintah," ucap Wiku di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (17/9).
Prof Wiku: Pasien Corona OTG Isolasi di Wisma Atlet Gratis, Termasuk Swab (846843)
Prof Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
"Khusus DKI yang disediakan adalah di flat isolasi mandiri Kemayoran di RS darurat Wisma Atlet, yaitu tower 4 dan 5. Kapasitas besar, jumlah bed ada 3 ribuan, dan bed masih kosong 2.149," lanjut dia.
Wiku memastikan semua fasilitas bagi pasien corona yang diisolasi maupun menjalani perawatan di Wisma Atlet Kemayoran gratis. Termasuk untuk fasilitas swab yang mendeteksi kesembuhan pasien dari virus corona.
ADVERTISEMENT
"Untuk pelaksanaan yang kaitannya dengan swab, itu apabila untuk penderita, untuk fasilitas kesehatan semua ditanggung pemerintah. Dan demikian isolasi mandiri ditanggung pemerintah," ungkap Wiku.
Prof Wiku: Pasien Corona OTG Isolasi di Wisma Atlet Gratis, Termasuk Swab (846844)
Petugas memeriksa berkas pasien COVID-19 saat tiba di IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/9). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Lebih lanjut, jika ke depannya ketersediaan tempat tidurnya berkurang, maka pemerintah menyiapkan hotel-hotel berbintang dua dan 3 sebagai lokasi isolasi.
"Apabila kapasitas kurang khususnya Jakarta, akan ada hotel bintang 2 dan 3 yang digunakan isolasi mandiri dan dibiayai pemerintah," tutup Wiku.
Hingga Kamis pagi, jumlah pasien yang dirawat di Wisma Atlet Kemayoran berjumlah 2.757 orang. Bahkan, dalam sehari kemarin, terdapat penambahan pasien sebanyak 1.066 orang.
Wisma Atlet Kemayoran dalam dua hari terakhir juga mulai kebanjiran banyak pasien positif corona dari berbagai lokasi di Jakarta, seiring dengan kewajiban isolasi OTG di fasilitas pemerintah, dan tak lagi karantina mandiri di rumah.
ADVERTISEMENT
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona