kumparan
5 Juni 2018 18:47

Proses Lelang, Harga Kapal Jenazah untuk Kepulauan Seribu Rp 200 Juta

Sandi di Pulau Untung Jawa
Sandi di Pulau Untung Jawa (Foto: Moh Fajri/kumparan)
Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan pengadaan dua kapal khusus pengangkut jenazah bagi warga Kepulauan Seribu. Kapal tersebut diharapkan bisa membantu warga yang ingin membawa kerabatnya dari Jakarta ke Kepulauan Seribu.
ADVERTISEMENT
Bupati Kepulauan Seribu Irmansyah mengungkapkan kapal tersebut bernilai sekitar Rp 150-200 juta. Irmansyah tak mempermasalahkan harga tersebut, sebab apabila warga menyewa kapal untuk mengangkut jenazah dari Jakarta sampai Kepulauan Seribu bisa mencapai Rp 4 juta untuk setiap jenazah.
“Belum tahu tapi saya coba tanya-tanya mungkin sekitar Rp 150-200 juta. Tapi sudah bisa buat mengangkut jenazah kan tidak setiap hari, insyaallah bisa membantu. Karena kalau tidak biayanya cukup mahal,” ungkap Irmansyah saat medampingi Wagub DKI Sandiaga Uno di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Selasa (5/6).
Saat ini kapal tersebut tengah dalam tahap lelang. Namun, ia belum bisa memastikan kapan proses tersebut selesai.
“Untuk kapal jenazah sendiri sudah proses untuk lelang di 2018. Bagaimana pun prosesnya cukup panjang. Proses lelang pun nanti ada masa sanggah dan sebagainya,” kata Irmansyah.
Kepulauan Seribu
Gugusan Kepulauan Seribu. (Foto: Antara/Iggoy el Fitra)
Sementara itu, Sandi mengatakan sembari menunggu proses pengadaan tersebut pihaknya akan mencari kapal kayu yang berasal dari CSR perusahaan.
ADVERTISEMENT
“Sebelum pengadaan ini (kapal) kan mungkin kita bisa siasati dengan program yang bisa diberikan kesempatan kepada warga itu untuk mengangkat jenazahnya melalui kapal kayu. Itu yang lagi coba kita solusikan. Tapi pengadaannya sih 2018,” jelas Sandi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan