News
·
28 Februari 2018 20:37

Proyek Ganesha Tebarkan Semangat Literasi Melalui Kompetisi Menulis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Proyek Ganesha Tebarkan Semangat Literasi Melalui Kompetisi Menulis (114860)
Penutupan Proyek Ganesha di Goethe Institut (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
Dalam mendukung budaya literasi di Indonesia, Wikipedia Indonesia menginisiasi Proyek Ganesha dengan misi mendorong pengetahuan dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Proyek ini sendiri merupakan kompetisi menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia untuk topik ilmu sosial dan Jerman yang sudah berlangsung pada 25 September hingga 15 Desember 2017.
ADVERTISEMENT
"Kami membebaskan pengetahuan agar bisa diakses oleh semua orang tanpa kecuali, tanpa harus membutuhkan biaya apapun, hanya butuh akses ke internet," kata Wakil Ketua Wikimedia Indonesia Ivonne Kristiani di acara Penutupan Proyek Ganesha, Goethe Institute, Jakarta, Rabu (28/2).
Ivonne menyebutkan, kompetisi tersebut diharapkan mampu memberikan banyak kontribusi artikel yang ditulis di Wikipedia Bahasa Indonesia. Khususnya, artikel yang dekat dengan kondisi sosial masyarakat seperti demokrasi dan lainnya.
Proyek Ganesha Tebarkan Semangat Literasi Melalui Kompetisi Menulis (114861)
Penutupan Proyek Ganesha di Goethe Institut (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)
"Kami mengadakan kompetisi ini agar lebih banyak lagi artikel yang bisa dibaca oleh orang-orang, dan kami juga bisa mendapat kontributor-kontributor baru untuk menyeimbangkan informasi ke dalam Wikipedia sehingga bisa diakses oleh banyak orang," terang Ivonne.
Proyek Ganesha mampu mengumpulkan 4.062 artikel yang disunting, dan 1.265 artikel baru yang masuk ke dalam Wikipedia. Dari seluruh tulisan tersebut, nantinya akan dipilih pemenang yang berhak mendapatkan hadiah berupa beasiswa belajar bahasa Jerman.
ADVERTISEMENT
"Pemenang pertama mendapatkan beasiswa belajar Bahasa Jerman selama satu bulan ke Jerman. Pemenang kedua dan ketiga mendapat beasiswa Bahasa Jerman di Goethe Institute Indonesia di Jakarta, Surabaya, atau Bandung," pungkasnya.
Setelah Press Talk, acara penutupan Proyek Ganesha diteruskan dengan gala wicara dengan beberapa pembicara yang memiliki konsen dalam literasi, yakni Redaktur Pelaksana Liputan Khusus kumparan.com Anggi Kusumadewi serta Penulis Senior Wikipedia dan aktivis Bahasa Indonesia di media sosial Ivan Lanin.