News
·
14 September 2020 18:05

Puan Minta Pusat dan Daerah Koordinasi soal Corona: Jangan Politisasi Keadaan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Puan Minta Pusat dan Daerah Koordinasi soal Corona: Jangan Politisasi Keadaan (28403)
Ketua DPR Puan Maharani (kanan) didampingi Ketua MPR Bambang Soesatyo (kiri) pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8). Foto: Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO
Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah pusat dan daerah berkoordinasi dan konsisten dalam membuat kebijakan penanganan COVID-19. Sebab, kata dia, saat ini masyarakat menaruh harapan kepada pemerintah agar pandemi corona dapat segera teratasi.
ADVERTISEMENT
"Masyarakat menaruh harapan besar pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi ini. Pemerintah pusat dan daerah harus berkoordinasi, bersinergi, dan konsisten dalam pelaksanaan kebijakan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/9).
Puan pun berharap tidak ada pihak yang memanfaatkan pandemi corona demi tujuan politik tertentu. Sebab, kata dia, virus COVID-19 harus ditangani dengan bergotong royong.
"Hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan," kata dia.
Puan Minta Pusat dan Daerah Koordinasi soal Corona: Jangan Politisasi Keadaan (28404)
Sejumlah calon penumpang KRL Commuter Line antre hingga ke jalan raya di Stasiun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (8/6/2020). Foto: Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO
Mantan Menko PMK itu pun mengatakan pemerintah harus mengambil sebuah kebijakan berdasarkan data yang akurat. Selain itu, pemerintah juga perlu mendengarkan masukan dari sejumlah pihak sebelum mengambil kebijakan.
Lebih lanjut, DPR meminta pemerintah menegakkan aturan terkait pelaksanaan PSBB demi memutus rantai penyebaran virus corona. Dia juga mengajak masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah untuk menjaga diri. Kita harus terus disiplin pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak fisik," ucap Puan.
“Insyaallah dengan kerja bersama, maka indonesia akan bisa melewati tantangan ini, amin," tandasnya.
***
Saksikan video menarik di bawah ini.