News
·
9 November 2020 16:15

Puan: Penyelenggara hingga Cakada Harus Jaga Situasi Pilkada 2020 Kondusif

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Puan: Penyelenggara hingga Cakada Harus Jaga Situasi Pilkada 2020 Kondusif (33360)
Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Paripurna DPR RI. Foto: Dok. DPR RI
Tahapan Pilkada 2020 terus berjalan dan tengah memasuki masa kampanye. Ketua DPR Puan Maharani meminta penyelenggara, pengawas, hingga calon kepala daerah yang mengikuti pilkada tetap berperan aktif menjaga suasana kondusif sekaligus menaati protokol kesehatan.
ADVERTISEMENT
"DPR mengimbau kepada penyelenggara pilkada, para kepala daerah dan para calon kepala daerah, pengawas pilkada, serta aparat keamanan negara agar turut berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dan selalu memberikan perhatian pada protokol kesehatan dalam setiap kegiatan," kata Puan saat membuka masa sidang II DPR, Senin (9/11).
Mantan Menko PMK itu pun meminta agar pemerintah memastikan setiap tahapan pelaksanaan pemilu dapat menerapkan protokol kesehatan ketat. Dengan demikian, diharapkan kualitas demokrasi dapat terjaga.
"DPR juga akan memberikan perhatian pada tahapan persiapan dan pelaksanaan Pilkada 2020. Setiap tahapan pilkada diharapkan dapat menyesuaikan dengan mekanisme pemilihan dan protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.
Puan: Penyelenggara hingga Cakada Harus Jaga Situasi Pilkada 2020 Kondusif (33361)
Petugas Satpol PP Badung mencopot baliho Alat Peraga Kampanye (APK) Pilkada Badung tahun 2020 di Badung, Bali, Selasa (6/10). Foto: Fikri Yusuf/ANTARA FOTO
"Untuk itu, DPR mendorong pemerintah dan seluruh jajaran stakeholder untuk mempersiapkan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan sebaik-baiknya, sehingga semakin meningkatkan kualitas berdemokrasi di Indonesia," lanjut Puan.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, eks Menko PMK itu mengatakan permasalahan pandemi COVID-19 hanya dapat diselesaikan dengan gotong royong. Dia berharap seluruh elemen masyarakat bersatu.
"Hanya dengan jiwa gotong royong dari kita semua, maka kita dapat menyatukan seluruh kekuatan nasional bekerja bersama, bahu membahu, melakukan amal bersama, menghadapi situasi berat dan sulit yang diakibatkan pandemi COVID-19," ucapnya.
"Marilah kita terus memperkuat kerja bersama dalam membangun kekuatan nasional menghadapi pandemi COVID-19 dan dampaknya," tandas Puan.