kumparan
search-gray
News30 Juni 2020 11:45

Puan: Wabah Corona, Ketahanan Kesehatan Harus Ditingkatkan

Konten Redaksi kumparan
Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Parpurna DPR RI.
Ketua DPR Puan Maharani saat Rapat Parpurna DPR RI. Foto: Dok. DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan salah satu ujian terhadap sistem ketahanan nasional Indonesia di bidang kesehatan. Maka dari itu, Puan meminta ketahanan nasional dalam bidang kesehatan harus ditingkatkan.
ADVERTISEMENT
Hal itu disampaikan Puan saat menjadi keynote speaker dalam webinar PDIP bertajuk 'Politik Kesehatan Berdikari'
"Khusus di dunia kesehatan, kita merasakan bahwa ketahanan nasional di bidang kesehatan masih perlu untuk ditingkatkan," kata Puan, Selasa (30/6).
"Baik dari sisi fasilitas kesehatan, maupun ketersediaan tenaga kesehatan. Sesuai dengan amanat konstitusi kita, bahwa kesehatan adalah kebutuhan dasar rakyat dan pemenuhannya dijamin oleh negara," tambahnya.
Puan menuturkan, sebagai bentuk kehadiran negara dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, pembangunan kesehatan harus diarahkan agar pelayanan kesehatan dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia.
"Kesehatan masyarakat harus dimulai dengan pemenuhan gizi ibu hamil dan anak. Dengan gizi yang baik dalam 1.000 hari pertama kehidupan yaitu mulai dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Pemenuhan gizi seimbang dalam keluarga," ucap Ketua DPP PDIP itu.
ADVERTISEMENT
Selain meningkatkan ketahanan kesehatan, Puan mengimbau seluruh masyarakat Indonesia tetap menerapkan pola hidup sehat meski di tengah pandemi COVID-19.
"Pandemi COVID-19 harusnya dapat jadi momentum bagi setiap keluarga untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat, memastikan asupan gizi seimbang, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang saat ini sangat bermanfaat dalam menangkal terjangkitnya COVID-19," tutur Puan.
Selain Puan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Bupati Taput Nikson Nababan, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo juga menjadi dalam pembicara webinar itu. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga turut membacakan Pidato Kebangsaan dalam acara ini.
***
ADVERTISEMENT
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white