kumparan
18 Feb 2019 15:29 WIB

Pulpen yang Dipakai Jokowi saat Debat Capres Seharga Rp 29 Ribu

Pulpen Jokowi seharga Rp 29 ribu yang dijual di Gramedia. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Pulpen yang dipakai Jokowi saat debat capres kedua mendadak jadi perbincangan. Semua bermula saat isu miring muncul terkait earphone dan pulpen yang digunakan Jokowi untuk membantunya saat debat melawan Prabowo Subianto.
ADVERTISEMENT
Pulpen itu disebut-sebut sebagai pengendali earphone tersebut.
Isu liar itu sudah dibantah Jokowi dan disebutnya sebagai fitnah. Kepada wartawan, Jokowi menunjukkan pulpen yang dia bawa saat debat capres, sama sekali bukan alat perekam atau alat pengendali jarak jauh yang canggih.
Seskab Pramono Anung juga berbagi foto pulpen itu di akun medsosnya. Dan pulpen itu benar-benar pulpen biasa.
Penelusuran di Toko Gramedia
Penasaran dengan pulpen Jokowi itu, kumparan pada Senin (18/2) mencoba mengecek ke toko alat tulis dengan menyambangi Gramedia Matraman.
Tak perlu waktu lama mencari pulpen itu. Saat ditanya ke penjaga toko, dia langsung menunjukkan rak tempat pulpen Jokowi dijual. Pulpen itu bermerek Zebra dan bertipe F-301 compact.
Tidak ada yang istimewa dari pulpen bertinta hitam tersebut, harganya memang sedikit lebih mahal ketimbang pulpen biasa, yakni Rp 29 ribu.
Pulpen Jokowi seharga Rp 29 ribu yang dijual di Gramedia. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
"Enggak banyak sih yang cari. Kalau buat pulpen biasa banyak yang beli merek lainnya, ada yang lebih murah," ujar Alfina, salah satu pegawai Gramedia.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, meski pulpen biasa, tapi Zebra F-301 terlihat lebih mewah karena desain bodinya yang terbuat dari stainless steel
"Ya mungkin karena itu ya (stainless steel) agak mahal, tapi (orang)  banyak cari merek lain yang lebih murah, ada yang Rp 23.000," tambahnya. 
Zebra merupakan merek pulpen asal negeri sakura. Mengutip situs Zebraindonesia.com, perusahaan penghasil pulpen ini sudah berdiri di Jepang sejak 120 tahun yang lalu. Sementara untuk Indonesia, Zebra sudah beroperasi sejak 27 tahun yang lalu. 
Pulpen Jokowi seharga Rp 29 ribu yang dijual di Gramedia. Foto: Maulana Ramadhan/kumparan
Bantahan Jokowi
Sebelumnya, Jokowi sudah membantah menggunakan earphone plus pulpen khusus untuk debat.
"Ah, ada-ada saja. Fitnah-fitnah seperti itu jangan diterus-terusinlah," ucap Jokowi di Pandeglang, Banten, Senin (18/2), dalam rangka meninjau program Taruna Siaga Bencana (Tagana) Masuk Sekolah (TMS). 
ADVERTISEMENT
Sambil menunjukkan pulpen sebagaimana foto di atas, Jokowi membantah ada yang spesial dari pulpennya.
"Ini pulpen ini, ini kan?" ucap Jokowi kepada wartawan menunjukkan pulpen yang dibawanya di debat.
"Ya buka saja. Ini jangan buat isu, fitnah-fitnah yang enggak bermutu," tegasnya.
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan