News
·
9 April 2021 15:51

Puluhan Warga di Aceh Alami Sesak Napas, Diduga Keracunan Gas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Puluhan Warga di Aceh Alami Sesak Napas, Diduga Keracunan Gas (245401)
Ilustrasi gas . Foto: Pixabay
Sejumlah warga di Desa Panton Rayeuk, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, mengalami keracunan. Diduga akibat terhirup gas yang berasal dari sumur gas milik salah satu perusahan di kawasan kabupaten setempat.
ADVERTISEMENT
Saat ini warga yang mengalami sesak napas telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud, Rumah Sakit Swasta , dan juga ke Puskesmas terdekat.
Direktur RSUD Zubir Mahmud Edy Gunawan, membenarkan soal adanya sejumlah warga yang mengalami keracunan diduga berasal dari sumur gas tersebut. Saat ini di RSUD Zubir Mahmud, sudah ada delapan warga yang tengah mendapatkan perawatan.
“Memang benar dan ada warga (korban) yang sudah masuk ke RS Zubir Mahmud 8 orang. Dari delapan orang itu, tujuh orang stabil dan satu masih sesak,” katanya saat dikonfirmasi kumparan, Jumat (9/4).
Edy menyebutkan, berdasarkan informasi diperolehnya warga yang mengalami sesak tersebut diduga keracunan gas dari lokasi sumur di sekitar PT Medco E&P.
ADVERTISEMENT
“Diduga keracunan gas dari lokasi sumur yang ada di sekitar eksplorasi PT Medco. Tapi informasi itu kami belum bisa pastikan, apakah itu memang karena faktor gas,” ujarnya.
Sementara ini, warga yang telah di bawa ke RSUD Zubir Mahmud hanya delapan orang. Akan tetapi, kata Edi, sebagian warga juga dibawa ke RS milik swasta dan juga puskesmas.
“Untuk total warga keseluruhannya yang mengalami keracunan kita belum tahu,” pungkasnya.
Hingga saat ini, belum ada keterangan dari PT Medo E&P terkait peristiwa tersebut.