News
·
22 Februari 2021 18:16

Puncak Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga III

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Puncak Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga III (32041)
Ketinggian air di Bendung Katulampa naik siaga 3 pada sore ini. Foto: Dok. Istimewa
Intensitas hujan yang mengguyur hulu sungai Ciliwung wilayah Puncak Bogor pada Senin (22/2) sore ini menyebabkan volume arus air di Bendung Katulampa ini naik menjadi Siaga III ketinggian 90 sentimeter.
ADVERTISEMENT
Warga di Jakarta dan yang tinggal di sekitar aliran sungai di daerah hilir diminta waspada.
Puncak Diguyur Hujan Deras, Bendung Katulampa Siaga III (32042)
Ketinggian air di Bendung Katulampa naik siaga 3 pada sore ini. Foto: Dok. Istimewa
"Ya untuk saat ini kami beritahukan bahwa Bendung Katulampa naik ke Siaga III dengan ketinggian 90 sentimeter. Kami mengimbau agar masyarakat siaga dan berhati-hati air akan sampai hulu sekitar 10 sampai 12 jam," kata kata Kepala Sub Koordinator Bendungan Pintu Air Katulampa Bogor, Andi Sudirman, Senin (22/2).
Status Siaga III ditetapkan bila hujan yang berlangsung menyebabkan terjadinya debit air meningkat di pintu air tetapi kondisinya masih belum kritis dan membahayakan.
Meski demikian, bila status Siaga III sudah ditetapkan, masyarakat sebaiknya mulai berhati-hati dan mempersiapkan segala sesuatunya dari berbagai kemungkinan bencana banjir.

Bopunjur Hujan Deras

Kepala Stasiun BMKG Citeko, Puncak Bogor, Fatuhri, juga memberi peringatan bahwa cuaca Bogor Puncak Cianjur (Bopunjur) sore ini diguyur hujan deras.
ADVERTISEMENT
"Terjadi di wilayah Megamendung, Gadog dan sekitarnya dan dapat meluas ke wilayah Ciawi, Cipanas, Cisarua dan sekitarnya. Kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga pukul 18.45 WIB," ujar dia.