kumparan
11 September 2019 11:41

Quraish Shihab Pegang Tangan BJ Habibie: Jangan Putus Harapan

Quraish Shihab hadiri acara konferensi 'Gerakan Suluh Kebangsaan bersama Tokoh Bangsa Menyikapi Sitiasi Papua' di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat (23/8). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Ulama Quraish Shihab dan anaknya yang juga presenter kondang Najwa Shihab pagi ini turut menjenguk Presiden ke-3 Indonesia Baharudin Jusuf Habibie di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.
ADVERTISEMENT
Quraish dan Najwa Shihab datang sekitar pukul 10.10 WIB. Sekitar satu jam Najwa dan Quraish menjenguk Habibie. Keduanya keluar pukul 11.00
Menurut penuturan Quraish, saat ini kondisi Habibie sudah menunjukkan keadaan yang membaik. Habibie kata Quraish, sudah bisa merespons percakapan, meski tak bisa berbicara secara langsung.
"Saya melihat Pak Habibie juga memberi respons, ketika saya bercakap menyampaikan harapan dan beliau merespons sehingga baik," kata Quraish di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).
"Beliau itu merespons, mendengar, menunjukkan pemahaman atas apa yang saya sampaikan tapi tidak berbicara secara langsung. Responnya melihat, bibir, boleh jadi mencucurkan air mata
Di ruangan tempat Habibie dirawat, Quraish dan Najwa masuk. Quraish menggenggam tangan Habibie, dan sambil berbisik ke kepala Habibie mengungkapkan doanya agar cepat disembuhkan dari penyakitnya.
Quraish Shihab dan Najwa Shibab menjenguk Presiden ke-3 Indonesia Habibie di RSPAD, Rabu (11/9). Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
"Saya masuk ke kamar. Memegang tangan Pak Habibie, di kepalanya saya berbicara. Jadi yang penting kita tidak putus harapan. Kita berdoa mudah-mudahan Tuhan memberikan yang terbaik," jelas Quraish.
ADVERTISEMENT
Sebelum Quraish dan Najwa yang menjenguk Habibie, nampak mantan Menteri Koordinator Maritim, Indroyono Susilo. Indroyono menyebut dia menjenguk hanya melihat dari kaca ruangan kamar Habibie.
"Kami (melihat) dari kaca. Saya hanya bicara sama yang jaga ya," kata Indroyono.
Ketika ditanya bagaimana kondisi Habibie saat ini, Indroyono tak bisa menjelaskan, sebab saat melihat Habibie, posisi tidurnya membelakangi kaca yang transparan tempat penjenguk itu.
"Saya bukan dokter, saya hanya mendengar sudah membaik daripada kemarin. Beliau menghadap ke tembok jadi kita lihat dari belakang," katanya.
Selain Quraish, Najwa dan Indroyono, saat ini hadir pula Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa. Sejak kemarin dan hari ini, berbagai tokoh-tokoh nasional hadir di RSPAD untuk menjenguk Habibie.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan