kumparan
10 Februari 2020 12:24

Raja Belanda ke Indonesia Maret: Temui Jokowi hingga ke Danau Toba

Raja Belanda Willem-Alexander mengikuti acara buka bersama
Raja Belanda Willem-Alexander mengikuti acara buka bersama. Foto: Twitter/@achahbarmo
Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda akan mengunjungi Indonesia pada 10-13 Maret mendatang. Keduanya akan melakoni sejumlah agenda. Mulai dari bertemu Presiden Jokowi hingga mengunjungi Danau Toba di Sumatera Utara.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pernyataan tertulis dari Pemerintah Belanda, Raja dan Ratu Belanda akan berkunjung ke Jakarta, Yogyakarta, serta beberapa kota di Kalimantan dan Sumatera.
"Kunjungan ini merupakan penegasan atas hubungan yang kuat antara Indonesia dan Belanda, serta diharapkan dapat menciptakan berbagai kerja sama lain di masa mendatang," tulis pernyataan tersebut.
"Kunjungan ini berfokus dalam aspek ekonomi, konservasi alam, kebudayaan, pengetahuan dan banyak hal lain," lanjut pernyataan Pemerintah Belanda itu.
Dalam kunjungan ini, Raja dan Ratu Belanda akan didampingi sejumlah menteri seperti Menlu Belanda Stef Blok, Menteri Perdagangan Luar Negeri Sigrid Kaag, Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Cora van Nieuwenhuizen serta Menteri Olahraga dan Perawatan Medis Bruno Bruin.
Berikut agenda lengkap Raja dan Ratu Belanda selama di Indonesia:
ADVERTISEMENT
Jakarta, 10 Maret 2020
Raja dan Ratu Belanda akan memulai kunjungan di Jakarta dengan menyambangi Taman Makam Pahlawan Kalibata. Kunjungan ini bertujuan untuk menghormati mereka yang meninggal dunia selama perang kemerdekaan Indonesia.
Setelah, itu keduanya akan langsung menuju Bogor untuk mengikuti pertemuan bilateral serta makan siang dengan Presiden Jokowi dan Iriana Widodo.
Di sore hari, Raja dan Ratu Belanda akan mengunjungi Taman Pemakaman Menteng Pulo untuk menghormati 4.300 tentara Belanda yang meninggal dunia selama perang kemerdekaan Indonesia dan perang dunia kedua.
Setelah itu, keduanya akan berkunjung ke pabrik coklat, Pipiltin Cocoa. Kunjungan dilanjutkan dengan pertemuan dengan delegasi bisnis di Indonesia. Setelah itu, Raja dan Ratu Belanda akan menyaksikan pameran foto di Erasmus Huis dengan judul Inovasi. Kunjungan diakhiri dengan pertemuan dengan komunitas warga Belanda yang tinggal di Indonesia.
Jokowi tiba di Canberra
Presiden Joko Widodo (kanan) saat tiba di Canberra Australia, Sabtu (8/2). Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Yogyakarta, 11 Maret
ADVERTISEMENT
Di hari kedua kunjungan, Raja dan Ratu Belanda akan menuju Yogyakarta untuk bertemu Sultan Yogyakarta Hamengkubuwono X di keraton. Setelah itu, mereka akan mengunjungi sebuah kampung di Yogyakarta yang sudah dilengkapi fasilitas internet.
Setelah itu, Raja dan Ratu Belanda akan mengunjungi Universitas Gadjah Mada untuk membahas kerja sama pendidikan khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan.
"Raja dan Ratu akan berdialog dengan mahasiswa setempat mengenai Akademi Inovatif yang akan mendorong kerja sama di bidang industri startup," tulis pernyataan pemerintah Belanda.
Pada malam harinya, Raja dan Ratu Belanda akan mengunjungi Candi Prambanan. Di sana, Raja dan Ratu akan menonton pagelaran tari Ramayana serta berkeliling kompleks candi.
Dalam kesempatan itu, Raja dan Ratu Belanda juga akan berdialog dengan banyak pemimpin agama dan mendorong toleransi di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Kalimantan, 12 Maret
Di hari ketiga, Raja dan Ratu Belanda akan mengunjungi beberapa tempat di Pulau Kalimantan. Pertama, sebuah pusat riset di Taman Nasional Sebangau. Raja dan Ratu Belanda akan dijelaskan mengenai pengelolaan air dan program reboisasi di Taman Nasional Sebangau.
Sunrise di Danau Toba
Sunrise di Danau Toba dari Pulau Sibandang Foto: Shutter Stock
Kemudian keduanya akan mengunjungi Pusat Penyelamatan Orangutan Nyaru Menteng. Ada Sekitar 316 orangutan yang ada di sini. Setelah itu Raja dan Ratu Belanda akan berdialog dengan petani dan pebisnis sawit mengenai pasokan minyak kelapa sawit.
Setelah itu, Raja dan Ratu Belanda akan melihat sebuah latihan sepak bola yang didesain oleh Pledge United. Latihan ini berbeda karena program ini khusus dirancang untuk mempromosikan anti kekerasan berdasarkan gender.
Sumatera, Jumat 13 Maret
ADVERTISEMENT
Sumatera akan menjadi destinasi terakhir bagi Raja dan Ratu Belanda selama di Indonesia. Di Sumatera, mereka akan mengunjungi Danau Toba. Fokus kunjungan ke Toba adalah soal ekoturisme dan air. Setelah itu, Raja dan Ratu Belanda akan mengunjungi kampung tradisional Batak.
Raja dan Ratu Belanda kemudian akan mengunjungi Institut Teknologi Del serta Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan