kumparan
26 Juni 2018 12:08

Raja Salman Ucapkan Selamat atas Terpilihnya Erdogan

Raja Salman (Foto: Wikimedia Commons)
Kemenangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan disambut oleh Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis. Ucapan selamat pun langsung dilayangkan pemimpin Saudi tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut kantor berita Arab Saudi, SPA, ucapan selamat dari Raja Salman kepada Erdogan disampaikan lewat sambungan telepon pada Senin (25/6) lalu.
"Saya sampaikan selamat kepada beliau dan rakyat Turki dan berharap mereka mencapai kemajuan dan kesejahteraan," sebut Raja Salman seperti dikutip dari SPA, Selasa (26/6).
Ucapan selamat oleh Raja Salman disambut positif oleh Erdogan. Secara khusus, Erdogan mengucapkan terima kasih atas kepedulian Raja Salman kepada warga Turki.
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (Foto: Reuters/Stoyan Nenov)
Erdogan pada pemilu yang digelar Minggu (24/6) memenangkan lebih dari 50 persen suara. Dalam pidato usai kemenangannya, Erdogan mengatakan bahwa pemilu Turki akan menjadi pelajaran demokrasi bagi dunia.
"Saya diberikan kepercayaan oleh bangsa dengan tugas dan kewajiban sebagai presiden. Turki telah memberikan pelajaran demokrasi pada dunia," kata Erdogan di hadapan ribuan pendukungnya di ibu kota Ankara.
ADVERTISEMENT
Pelajaran demokrasi yang dimaksud Erdogan adalah banyaknya partisipasi warga Turki dalam pemilu presiden dan parlemen, yaitu mencapai 88 persen dari hampir 6 juta pemilih. Bandingkan dengan pemilu Amerika Serikat pada 2016 yang hanya sekitar 61 persen.
Erdogan memenangi pemilu Presiden Turki dengan total raihan 52,5 persen suara dalam penghitungan suara yang telah mencapai 99 persen. Sementara saingan utamanya Muharrem Ince, dari Partai Rakyat Republik (CHP) memperoleh suara sebesar 31,7 persen suara.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan