kumparan
8 Juni 2017 12:05

Rangking Universitas: UI Nomor 1, ITB Nomor 2, UGM Nomor 3

UI, ITB, UGM (Foto: Facebook/UI, ITB, UGM)
Sembilan universitas di Indonesia masuk dalam urutan rangking kampus dunia. Universitas Indonesia (UI) berada di nomor urut 1 untuk peringkat di Indonesia dan nomor urut 277 peringkat dunia.
ADVERTISEMENT
Setelah UI, ada Institut Teknologi Bandung (ITB) peringkat 2 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat 3 untuk level Indonesia. Di level dunia, ITB berada pada peringkat 331, naik dari peringkat sebelumnya yakni di level 401-410. Sedangkan UGM berada di urutan 401-410, naik dari peringkat sebelumnya di urutan 501-550.
Pemeringkatan dilakukan oleh Quacquarelly Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia. Pengumuman pemeringkatan itu dirilis pada Kamis (8/6) di www.topuniversities.com.
QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi di Indonesia menuju World Class University.
ADVERTISEMENT
Enam universitas di Indonesia lainnya yang masuk peringkat QS University Ranking adalah: Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Brawijaya.
Dalam siaran pers UI yang diterima kumparan (kumparan.com), UI menyebut bahwa pemeringkatan ini menjadi bukti bahwa pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia dan mampu bersaing dengan pergurun tinggi lainnya dari negara di Asia, Australia, dan Eropa.
“Kami bangga bahwa UI telah berhasil masuk ke dalam 300 besar perguruan tinggi terbaik di dalam peta pendidikan dunia internasional,” ujar Rektor UI Prof Dr Ir Muhammad Anis.
“Pemeringkatan ini menegaskan kembali akan expertise UI sebagai universitas terbaik bangsa pada bidang Sosial Humaniora, Kesehatan dan Sains Teknologi,” imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Senda dengan UI, UGM juga turut bangga dengan prestasi ini. UGM semakin mantap menuju perguruan tinggi berkelas dunia.
“Tahun ini sebenarnya UGM ditargetkan oleh Kemenristek Dikti untuk masuk ke 500 besar dunia. Jadi, dengan naik ke 402, UGM sebenarnya sudah melampaui target,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma, dalam siaran pers seperti dikutip kumparan, Jumat (9/6/2017).
Pemeringkatan perguruan tinggi secara internasional ini menjadi salah satu bentuk pengakuan dunia internasional atas kualitas penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi yang dapat meningkatkan reputasi dan peran Perguruan Tinggi dalam pengembangan IPTEKS.
“Prestasi ini sukses diraih berkat kerja keras seluruh sivitas akademika UGM dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi. Selamat untuk seluruh sivitas akademika UGM,” ujar Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof Indra Wijaya Kusuma.
ADVERTISEMENT
Berikut daftar lengkap 9 universitas Indonesia yang masuk peringkat dunia:
1. Universitas Indonesia
2. ITB
3. UGM
4. Universitas Airlangga
5. Institut Pertanian Bogor (IPB)
6. Universitas Diponegoro
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
9. Universitas Brawijaya.
Rangking universitas dunia (Foto: topuniversities.com)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan