kumparan
15 Mei 2019 23:13 WIB

Rekapitulasi KPU DKI Kembali Diskors, Tunggu 1 Kecamatan di Jaktim

Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos Foto: Darin Atiandina/kumparan
KPU DKI Jakarta kembali menunda rapat pleno penghitungan suara di tingkat provinsi. Rapat diskors karena KPU DKI Jakarta masih menunggu hasil rekapitulasi satu kecamatan di Jakarta Timur, yakni Kecamatan Pulo Gadung.
ADVERTISEMENT
“Jadi update terakhir dari Jakarta Timur, Kecamatan Pulogadung masih belum menyelesaikan tingkat kecamatannya,” kata Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (15/5).
Betty mengatakan, hingga saat ini PPK Kecamatan Pulogadung masih berupaya menyelesaikan form DA1 untuk kemudian diplenokan di KPU Jaktim.
Menurut Betty, keterlambatan penghitungan di Kecamatan Pulo Gadung disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari petugas yang mulai kelelahan, jumlah TPS yang cukup banyak, hingga saksi yang meminta pengecekan ulang data.
“Campur ya, mixed reason. Alasannya beberapa hal, mungkin karena SDM-nya sudah sangat lelah, lalu yang kedua teknologi yang digunakan kan harusnya basisnya Situng,” jelas Betty.
“Sementara mereka juga kelasnya belum kelas besar, dari awal hanya buka 3 kelas untuk 1800-an TPS, mulai buka 6-8 kelas itu di hari akhir. Jadi rekap di sini memang butuh waktu yang cukup lama,” imbuhnya.
Suasana Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil suara Pemilu 2019. Foto: Fachrul Irwinsyah/kumparan
Betty mengaku telah berkoordinasi dengan KPU RI terkait dengan keterlambatan rekapitulasi di DKI Jakarta. Sebelumnya, penghitungan di DKI Jakarta ditargetkan selesai hari ini, Selasa (15/5).
ADVERTISEMENT
Betty menegaskan hingga saat ini KPU DKI Jakarta masih terus melakukan pengawasan terhadap KPU Jakarta Timur agar besok proses penghitungan di tingkat provinsi dapat dilanjutkan kembali.
“Jadi hari ini kawan-kawan KPU kota se-DKI Jakarta sama-sama kasih support ke Jaktim biar malam ini mereka bisa pleno lanjutan untuk menetapkan DB1 Jakarta Timur dibacakan di DKI Jakarta besok,” tutup Betty.
Sementara itu, Ketua KPU Jaktim Wage Wardana mengatakan, keterlambatan terjadi karena ada kesalahan rekapitulasi untuk salah satu kelurahan. Oleh sebab itu, proses rekapitulasi harus mengulang.
“Sedianya tadi Pulo Gadung siap pleno pukul 17.00 WIB, ternyata ada masalah di Kelurahan Pisangan Timur. Sekarang sudah me-review Pisangan Timur untuk DPR-RI,” ungkap Wage secara terpisah.
ADVERTISEMENT
Wage menjelaskan saat ini hanya rekap di Kecamatan Pulo Gadung yang belum selesai. Sementara itu Kecamatan Cakung dan Duren Sawit yang sehari sebelumnya berjibaku menyelesaikan rekapitulasi saat ini sudah selesai. Untuk Pulo Gadung, Wage menargetkan akan selesai malam ini.
“Kecamatan lain semuanya sudah clear. Cakung sudah clear. Pulo Gadung sedikit lagi (selesai). Insyaallah semuanya clear malam ini sampai tingkat kota,” ujar Wage.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan