News
·
22 Juli 2021 14:40
·
waktu baca 2 menit

Rektor UI Mundur dari Komisaris, Arteria Harap Jadi Pelajaran bagi Rektor Lain

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rektor UI Mundur dari Komisaris, Arteria Harap Jadi Pelajaran bagi Rektor Lain (41458)
searchPerbesar
Komisaris Utama BNI Ari Kuncoro. Foto: Fauzan Dwi Anangga/kumparan
Setelah menuai polemik, Rektor UI Ari Kuncoro akhirnya mundur dari Komisaris BRI. Alumnus FH UI, Arteria Dahlan, menyambut positif keputusan Ari dan berharap kejadian serupa tak terulang.
ADVERTISEMENT
"Semoga menjadi peristiwa terakhir. Kampus itu ladang pengabdian dan pabrikan intelektual yang bebas nilai serta menjunjung tinggi nilai-nilai obyektifitas. Tentunya menjadi pembelajaran bagi rektor-rektor yang lain," kata Arteria saat dimintai tanggapan, Kamis (22/7).
Menurut Arteria, PP 75 2021 tak perlu dicabut ataupun direvisi. Sebab ia yakin polemik rangkap jabatan Rektor UI sudah menjadi hukum tersendiri, walau tidak tertulis pastinya akan mengikat dan menjadi preseden ke depan.
Sementara terkait mundurnya Ari dari kursi komisaris, Arteria menilai hal itu adalah kewajiban hukum jika Ari tidak mau berurusan panjang baik secara etika, moral, dan hukum.
Rektor UI Mundur dari Komisaris, Arteria Harap Jadi Pelajaran bagi Rektor Lain (41459)
searchPerbesar
Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
"Tentunya yang bersangkutan [Ari] telah berhitung untuk itu dan tidak ada kata terlambat untuk sesuatu yang benar. Semoga yang bersangkutan diberi hidayah, tahu memposisikan diri, dan utamanya bisa lebih sensitif lagi serta mampu mengemban tugas berat sebagai rektor UI," papar Anggota Komisi III DPR F-PDIP ini.
ADVERTISEMENT
"Veritas [Kebenaran], Probitas [Jujur], Iustitia [Adil] itu menjadi pembeda UI dengan yang lain. Atas nama itu pulalah kami bangga dan menjunjung tinggi panji-panji perjuangan dan Makara UI," tambah Arteria.
Arteria juga berharap dengan polemik ini, ke depan Rektor UI paham dengan posisi universitas dan prinsip-prinsip almamater.
"Pak Rektor harus tahu UI selalu konsisten untuk tidak hidup di menara gading, melainkan berjuang bersama-sama rakyat tentu dengan cara dan dialektikanya tersendiri," pungkasnya.
Kabar mundurnya Ari Kuncoro diketahui dari keterbukaan informasi BRI di Bursa Efek Indonesia (BEI). Disampaikan bahwa Kementerian BUMN telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro.
Polemik ini berawal ketika Presiden Jokowi menetapkan PP 75/2021 tentang Statuta UI yang memperbolehkan Rektor UI merangkap jabatan. Padahal sebelumnya dalam PP 68/2013, rangkap jabatan rektor dilarang.
ADVERTISEMENT