News
·
10 Februari 2021 19:47

RI Akan Berikan Bantuan Setara Rp 34,1 Miliar ke Palestina

Konten ini diproduksi oleh kumparan
RI Akan Berikan Bantuan Setara Rp 34,1 Miliar ke Palestina (35515)
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (13/1). Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri.
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memastikan Pemerintah Indonesia akan memberikan dana bantuan senilai jutaan Dolar AS ke Palestina.
ADVERTISEMENT
Komitmen itu disampaikan Retno saat bertemu Menlu Palestina Riyad al-Maliki di Laut Mati Yordania, Rabu (10/2/2021). Bantuan tersebut bakal disalurkan lewat berbagai lembaga PBB dan skema bilateral.
"Indonesia berkomitmen untuk memberikan USD 2,3 juta (setara dengan Rp 34,1 miliar) untuk Palestina melalui berbagai mekanisme secara bilateral maupun melalui UNWRA dan ICRC," ucap Menlu Retno dalam keterangan pers virtual, Rabu (10/2).
Retno menambahkan, Pemerintah Indonesia saat ini sedang berkomunikasi erat dengan otoritas Palestina, UNWRA, dan ICRC terkait pemberian bantuan. Dana tersebut diharapkan dapat digunakan Palestina untuk mengatasi berbagai masalah termasuk COVID-19.
"Kami berharap dana bantuan penanggulangan COVID-19 di Palestina bisa dicairkan pada semester pertama tahun ini," kata Retno.
Selain soal bantuan, saat bertemu al-Maliki Retno turut menegaskan pentingnya akses dan distribusi vaksin yang adil kepada masyarakat Palestina.
ADVERTISEMENT
"Sebagai salah satu co-chair dari Covax AMC Engagement Group, dalam pertemuan terakhir saya menyoroti pentingnya memastikan akses dan distribusi vaksin yang adil dan setara kepada rakyat Palestina," tutupnya.