News
·
22 Februari 2021 15:49

Ridwan Kamil: Lansia di Bodebek dan Bandung Raya Didahulukan Vaksinasi Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ridwan Kamil: Lansia di Bodebek dan Bandung Raya Didahulukan Vaksinasi Corona (40078)
Sejumlah warga lanjut usia (lansia) pemerina vaksin corona di RSUD Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (20/2). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Pemprov Jabar tengah mempersiapkan vaksinasi corona tahap kedua. Gubernur Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil mengungkapkan, vaksinasi kali ini menyasar kelompok profesi pelayan publik, pedagang, hingga kelompok lansia.
ADVERTISEMENT
"Kita sedang persiapan penyuntikan masyarakat yang masuk kategori khusus mulai dari PNS, tokoh masyarakat, TNI Polri, pedagang pasar, guru, lansia dan sebagainya," kata dia di Mapolda Jabar, Senin (2/22).
Terkait jumlah lansia yang divaksin, Emil belum mengetahuinya. Namun menurutnya, lansia di wilayah Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek), dan Bandung Raya didahulukan untuk vaksinasi. Wilayah DKI Jakarta saat ini sudah memulai vaksinasi untuk para lansia.
"Lansia juga mendapatkan perhatian sehingga kita akan lakukan di enam wilayah yang kasusnya tinggi, jadi mayoritas di Bodebek dan Bandung Raya itu akan didahulukan penyuntikan vaksin untuk lansia," ucap dia.
Ridwan Kamil: Lansia di Bodebek dan Bandung Raya Didahulukan Vaksinasi Corona (40079)
Ilustrasi vaksin corona. Foto: Dado Ruvic/REUTERS
Selain kesiapan vaksinasi tahap kedua, Emil juga melaporkan progres vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes). Menurutnya, jumlah nakes yang sudah disuntik dosis pertama sebanyak 82 persen, sedangkan dosis kedua sebanyak 46 persen.
ADVERTISEMENT
"Saya laporkan juga untuk vaksin yang tahap satu 82 persen sudah terselesaikan, dosis kedua di 46 persen," pungkas dia.
Orang yang pertama kali disuntik vaksin corona di Jabar adalah Wagub Uu Ruzhanul Ulum. Sementara Emil tak menerima vaksin karena sudah menjadi relawan uji klinis vaksin Sinovac di Bio Farma.