Simulasi vaksin COVID-19
8 Desember 2020 13:05

Ridwan Kamil: Manajemen Penyuntikan Vaksin Corona Jangan Sampai Blunder

Ridwan Kamil: Manajemen Penyuntikan Vaksin Corona Jangan Sampai Blunder (412460)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melambaikan setibanya di puskesmas Garuda, kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/8). Foto: M Agung Rajasa/Antara Foto
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyambut kedatangan 1,2 juta dosis vaksin corona Sinovac siap pakai yang kini disimpan di Bio Farma, Bandung. Ia pun berharap manajemen proses dan prosedur vaksinasi di lapangan jangan sampai blunder, khususnya masalah antrean warga.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, pria yang akrab disapa Emil ini khawatir Puskesmas tak akan memadai jika menjadi satu-satunya lokasi penyuntikan vaksin corona. Mengingat vaksinasi pada satu orang butuh waktu yang tak singkat.
"Jadi sudah dilakukan simulasi, satu saja belum beres tapi antrean orang yang minta dua kali udah ngantre lagi. Jadi mohon jangan sampai manajemen penyuntikan vaksin ini blunder karena keterbatasan tadi," kata dia dalam video conference di Gedung Sate Bandung, Selasa (8/12).
Emil pun mengusulkan pada pemerintah pusat agar vaksinasi dilakukan di gedung serba guna maupun gedung sarana olahraga.
Ridwan Kamil: Manajemen Penyuntikan Vaksin Corona Jangan Sampai Blunder (412461)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) melihat petugas kesehatan melakukan simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO
Sementara itu, Emil tak menampik pengendalian kasus corona di Jabar belum begitu baik karena menjadi bagian dari risiko pembukaan kembali sektor ekonomi. Meski demikian menurutnya hal ini bisa diseimbangkan dengan rencana vaksinasi.
ADVERTISEMENT
"Perkembangan COVID-19, pada dasarnya belum terkendali secara penuh karena risiko pembukaan kebijakan ekonomi juga yang harus kita seimbangkan, maka minggu ini isu vaksin sangat melegakan, mendengar saja itu sudah membuat rasa senang dan optimistis," ucap dia.
Ridwan Kamil: Manajemen Penyuntikan Vaksin Corona Jangan Sampai Blunder (412462)
RS Leimena gelar simulasi pemberian vaksin COVID-19. Foto: Kemenkes
Sambil menunggu vaksinasi, Emil mengajak warga tetap disiplin protokol kesehatan.
"Maka kalimat kami adalah mari disiplin sambil menunggu vaksin, jadi ngajak disiplinnya tuh ngasih iming-iming juga bahwa vaksin sudah dekat maka mari disiplin lah dikit lagi," pungkas dia.
Ridwan Kamil: Manajemen Penyuntikan Vaksin Corona Jangan Sampai Blunder (412463)
Infografik Alur Vaksinasi Corona di RI. Foto: kumparan