kumparan
Politik12 September 2018 19:01

Ridwan Kamil: Pak Sandi, Berkacalah pada Pengalaman Sendiri

Konten Redaksi kumparan
Ridwan Kamil berkunjung ke DPP PPP
Ridwan Kamil saat berkunjung ke DPP PPP ,Jakarta, Rabu (4/7) (Foto: Fitra Andrianto/kumparan)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta bakal cawapres Sandiaga Uno untuk berkaca pada diri sendiri. Sebab, Sandi sempat meminta agar para kepala daerah fokus bekerja dan tidak memusingkan masalah Pilpres 2019 mendatang.
ADVERTISEMENT
"Pak Sandiaga Uno yang terhormat, sebelum memberikan pernyataan tersebut, berkaca pada pengalaman sendiri," kata Ridwan di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/9) seperti dilansir Antara.
Ia memberikan contoh, saat Sandi menjabat sebagai juru kampanye di Pilkada 2018 lalu. Saat itu, Sandi masih tercatat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.
"Pada tahun 2018, Pak Sandiaga Uno pernah datang ke Jateng, menjadi jurkam untuk Sudirman Said, lalu datang ke wilayah Priangan menjadi jurkam untuk pasangan Asyik (Sudrajat-Ahmad Syaikhu). Beliau waktu itu sebagai wagub, dalam posisi publik," ungkapnya.
Memang, menurut Ridwan, hingga saat ini belum ada aturan yang melarang kepala daerah untuk mendukung kampanye. Selama kampanye tersebut tidak membawa nama institusi dan jabatan.
"Yang penting tidak melanggar peraturan, tidak melanggar hukum," tegasnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Sandi mengatakan para gubernur harusnya tidak menyatakan sikapnya di Pilpres 2019 karena dikhawatirkan akan memancing perpecahan di masyarakat.
"Kalau kami koalisi Prabowo-Sandi, khususnya Pak Prabowo, sudah memerintahkan kepala daerah yang ada di dalam koalisi ini fokus untuk membangun wilayahnya, karena mereka punya tugas untuk membangun ekonomi lapangan kerja memastikan harga terjangkau," ucap Sandi di Glodok, Taman Sari, Jakbar, Selasa (11/9).
"Pak Anies dapat perintah yang sama. Ada beberapa gubernur juga mendapat pesan yang sama, bahwa mereka fokus," sambung mantan Wagub DKI itu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan