News
·
1 September 2020 20:25

Ridwan Kamil Percaya Mutasi Corona D614G, Minta Ilmuwan Ungkap Cara Hadapinya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ridwan Kamil Percaya Mutasi Corona D614G, Minta Ilmuwan Ungkap Cara Hadapinya (126105)
Ilustrasi virus corona. Foto: kumparan
Gubernur sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Barat, Ridwan Kamil, meyakini adanya mutasi virus corona menjadi D614G. Mutasi ini disebut beberapa ilmuwan membuat corona 10 kali lebih menular.
ADVERTISEMENT
"Saya mempercayai bahwa virus ini beda beda cc-nya. Istilah saya ada yang cc-nya kecil, ada yang cc-nya sedang, ada yang cc-nya besar," kata pria yang akrab disapa Emil, Selasa (1/9).
Emil menduga mutasi ini yang membuat kasus corona di Jawa Timur bergerak cepat. Sebelumnya Kepala Eijkman Prof Amin Soebandrio menyebut D614G sudah ditemukan di Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Tangerang.
"Kenapa? Contoh kita kan ngetes sudah 222 ribu PCR. Di Jatim kalau data yang saya baca 180 ribuan, tapi kan kasusnya jauh lebih banyak Jatim, padahal pengetesan lebih banyak di Jabar. Artinya jangan jangan di sana itu virusnya tipe yang lebih ganas gitu kan," urainya.
Ridwan Kamil Percaya Mutasi Corona D614G, Minta Ilmuwan Ungkap Cara Hadapinya (126106)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melambaikan setibanya di puskesmas Garuda, kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/8). Foto: M Agung Rajasa/Antara Foto
Ia menilai, virus termasuk ke dalam tipe makhluk hidup yang biasa bermutasi melahirkan jenis yang berbeda. Jadi ini harus dipelajari oleh para ilmuwan.
ADVERTISEMENT
"Nah ini pentingnya ilmu ini, berlomba lomba dengan solusinya kalau hanya menyampaikan temuan temuan variasinya, ya okelah. Tapi kira kira ada enggak cara-cara juga yang menanganinya dengan temuan itu," katanya.
"Jadi, kalau disebut apakah meyakini? Saya ikut meyakini bahwa virus ini bukan satu tipe," tandasnya.