News
·
13 Januari 2021 18:18

Ridwan Kamil Sebut Depok, Bekasi, dan Kota Bogor Siap Gelar Vaksinasi Corona

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ridwan Kamil Sebut Depok, Bekasi, dan Kota Bogor Siap Gelar Vaksinasi Corona (166690)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau Rumah Sakit darurat COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1). Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau akrab disapa Emil memastikan, tujuh wilayah di Jabar antara lain Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat sudah siap menggelar vaksinasi.
ADVERTISEMENT
97.080 dosis vaksin pun telah didistribusikan ke tujuh wilayah itu.
"Kemudian di daerah-daerah yang sudah siap ada tujuh yang sudah siap, itu adalah Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Bogor, kemudian Kota Bandung, Kabupaten Bandung, KBB dan Cimahi," kata Ridwan Kamil di Gedung Pakuan Bandung, Rabu (13/1).
"Khusus Bekasi karena besok baru dimulai pemeriksaan kesehatan untuk para kepala daerahnya, sehingga Bekasi saya sarankan dimulai di hari Jumat, jadi ada enam yang bergabung besok dengan provinsi, satu Kota Bekasi di hari Jumat," ucap dia.
Ridwan Kamil Sebut Depok, Bekasi, dan Kota Bogor Siap Gelar Vaksinasi Corona (166691)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) melihat petugas kesehatan melakukan simulasi vaksin COVID-19 di Puskesmas Tapos, Depok, Jawa Barat, Kamis (22/10/2020). Foto: Asprilla Dwi Adha/ANTARA FOTO
Emil pun menyampaikan alasan tujuh wilayah tersebut dipilih sebagai titik vaksinasi pertama. Alasannya, kata dia, agar vaksinasi di tujuh wilayah itu dijadikan sebagai bahan pelajaran bagi 20 kota dan kabupaten lainnya yang baru akan memulai vaksinasi di tahap dua. Tujuh wilayah itu pun dipilih langsung oleh pemerintah pusat.
ADVERTISEMENT
"Karena sesuai daftar kiriman dari pemerintah pusat, yang nanti setelah tujuh daerah ini selang beberapa hari kemudian sisanya seluruh Jabar akan dimulai di tahap dua karena akan dievaluasi dulu plus minusnya seperti apa, menjadi pelajaran bagi daerah lain," ungkap dia.
Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur Jabar dan Kapolda Jabar Irjen Ahmad Dofiri bakal menjadi orang pertama di Jabar yang disuntik vaksin. Ridwan Kamil tak ikut disuntik vaksin karena sebelumnya telah menjadi relawan dan mengikuti uji klinis fase ketiga.