kumparan
search-gray
News11 Juli 2019 12:58

Rizal Ramli Mangkir dari Panggilan KPK Terkait Kasus BLBI

Konten Redaksi kumparan
Rizal Ramli, diskusi bertajuk Indonesia Perlu Pemimpin Optimis yang Bawa Perubahan
Pakar Ekonomi Rizal Ramli saat diskusi bertajuk "Indonesia Perlu Pemimpin Optimis yang Bawa Perubahan" di Forum Tebet, Jakarta, Senin (25/2). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri, Rizal Ramli, mangkir dari panggilan KPK.
ADVERTISEMENT
Sedianya ia akan bersaksi dalam kasus dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) BDNI. Rizal dalam keterangannya ke KPK, meminta pemeriksaannya dijadwalkan ulang.
"Satu orang saksi untuk kasus BLBI telah datang hari ini, (Kwik Kian Gie ) eks Menteri Ekonomi). Sedangkan satu saksi lain, Rizal Ramli menyampaikan pada penyidik belum bisa hadir hari ini dan meminta dijadwalkan kembali," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi, Kamis (11/7).
Keterangan Rizal dibutuhkan untuk melengkapi berkas perkara tersangka pemilik Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI), Sjamsul Nursalim. Posisi Rizal sebagai menteri saat itu bertepatan dengan bergulirnya penerbitan SKL BLBI untuk BDNI. Rizal sebelumnya juga sudah beberapa kali diperiksa KPK.
ADVERTISEMENT
"KPK akan jadwalkan ulang pemeriksaan untuk saksi Rizal Ramli tersebut minggu depan," ungkap Febri.
Dalam kasus ini, Sjamsul dan istrinya, Itjih Nursalim, diduga terlibat dalam kasus korupsi yang merugikan negara hingga Rp 4,58 triliun itu. KPK sudah beberapa kali melayangkan surat panggilan untuk Sjamsul dan Itjih. Namun, keduanya tak pernah memenuhi panggilan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white