kumparan
22 Feb 2019 15:35 WIB

Rocky Gerung: Kejujuran Hanya Ada di Grup WA Emak-emak

Rocky Gerung saat diwawancara di kantor kumparan. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Akademisi Rocky Gerung bicara di Yogyakarta. Dia menggelar kuliah umum di Adi TV, Sleman, Yogyakarta, bersama Amien Rais.
ADVERTISEMENT
Rocky yang tampil di panggung langsung bicara mengenai politik. Kata-kata Rocky langsung menghujam kekuasaan.
"Kekuasaan ini memulai politik pagi hari dengan hoaks. Malam hari, pagi edarkan lagi kita dari hoaks ke hoaks," ujar Rocky, Jumat (22/2).
Massa yang hadir bertepuk tangan, mereka terdiri atas ibu-ibu, bapak-bapak, anak muda.
"Kita ada di keadaan kesulitan karena ada politik kebenaran. Saya enggak lagi baca koran karena keadilan kebenaran enggak ada headline koran. Satu-satu informasi adalah dengan buka ikut grup WA emak-emak. Karena di situ ada kejujuran," beber dia.

"Kita tidak perlu ajarin keadilan pada emak-emak. Ketidakadilan ada dalam pertemuan tatapan mata manusia. Ada keinginan untuk perubahan," beber Rocky.

Rocky Gerung lalu menyinggung soal Ahmad Dhani yang dipidana dan Sudirman Said yang kini diserang karena mengungkap pertemuan Jokowi dan bos Freeport.
ADVERTISEMENT
"Menghentikan Sudirman Said bicara, Ahmad Dhani bicara. Tapi siapa yang berani menghentikan suara rahim emak-emak. Itu adalah pesan dari konstitusi. Sehatkan bangsa, cerdaskan bangsa, itu tugas pemerintah. Tugas mulia itu bagaimana mungkin dilakukan kalau hanya menghapal luas tanah orang," kata Rocky Gerung.
"Dalam teknologi sekarang jeruk pun bisa jadi mikrofon. Kita ingin berkumpul di sini bukan untuk kegiatan praktis, tapi pedagogis, mengevaluasi keadaan dan keterpecahan masyarakat," ujar Rocky Gerung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan