News
·
18 September 2020 16:20

RSKI Pulau Galang Sempat Rusak Akibat Puting Beliung, Operasional Tak Terganggu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
RSKI Pulau Galang Sempat Rusak Akibat Puting Beliung, Operasional Tak Terganggu (36119)
RS Corona di Pulau Galang. Foto: Dok. Dok Waskita Karya
Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Pulau Galang, Kepulauan Riau, yang ikut merawat pasien corona rusak akibat diterjang puting beliung. Kejadian ini terjadi pada Rabu (16/9) lalu pukul 02.30 WIB.
ADVERTISEMENT
Saat kejadian, terjadi hujan deras disertai angin kencang yang membuat bagian atap Gedung Karantina A rusak.
"Betul itu terjadi (puting beliung). Namun, dampak dari puting beliung hanya koridor dan teras RSKI yang kena, sehingga tak mengganggu operasional rumah sakit," jelas Kepala Staf Kogabwilhan I, Mayjen TNI Syafruddin, dalam diskusi di YouTube BNPB, Jumat (18/9).
Ia menjelaskan, bangunan RSKI yang rusak bukanlah ruang perawatan. Hanya saja, atap-atapnya berjatuhan sehingga sempat menutupi akses jalan.
"Tak ada (pasien) karena tempat ini bukan tempat perawatan, hanya koridor depan dan teras yang terjadi (puting beliung) tiba-tiba. Ada yang juga panik karena angin puting beliung enggak kelihatan tapi terasa. Dampaknya tak terlalu signifikan," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Syafrudin memastikan kini kondisi RSKI Pulau Galang sudah diperbaiki oleh prajurit-prajurit TNI yang ikut berjaga di sana.
"Di situ juga ada tentara kurang lebih 50 orang yang bisa memperbaiki apabila ada kerusakan. Seperti yang terjadi kemarin. Sehingga kerusakan kemarin setengah hari diselesaikan intern oleh personel kita," kata Syafrudin.

Kondisi Pasien Corona dan Tenaga Medis di RSKI Pulau Galang

RSKI Pulau Galang Sempat Rusak Akibat Puting Beliung, Operasional Tak Terganggu (36120)
Sejumlah pasien COVID-19 yang telah sembuh meninggalkan ruang perawatan RS Khusus Infeksi Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau. Foto: ANTARA FOTO/Pradanna Putra Tampi
Sampai hari ini pukul 08.00 WIB, RSKI Pulau Galang menerima 274 pasien rawat inap. Mereka terdiri dari 186 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, dan 88 pasien suspek.
Menurut Syafrudin, sejauh ini belum ada tenaga medis yang terpapar corona selama bekerja di RSKI Pulau Galang. Sebab, para petugas medis ini juga disiapkan sejumlah fasilitas yang diharapkan bisa meminimalisir agar tak terinfeksi.
ADVERTISEMENT
"Pertama, tempat tidur tenaga medis dengan pasien berjauhan. Kedua, tenaga medis pisah dengan keluarga, kebanyakan beda pulau. Ketiga, di Pulau Galang daerahnya terbuka, udaranya bersih sehingga tenaga medis juga leluasa untuk olahraga," ucap dia.
"Kena matahari, karena salah satu yang buat COVID akan menjauhi kalau kita berjemur sambil olahraga," tutup Syafrudin.
=====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona