News
·
24 Juli 2020 19:30

Salat Jumat Berakhir, Hagia Sophia Buka Sampai Besok Pagi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Salat Jumat Berakhir, Hagia Sophia Buka Sampai Besok Pagi (390134)
Seorang pria berpose saat menunggu waktu salat Jumat perdana di luar Masjid Agung Hagia Sophia, di Istanbul, Turki, Jumat (24/7). Foto: REUTERS
Salat Jumat perdana di Masjid Hagia Sophia atau Ayasofya telah berakhir. Presiden Erdogan dan rombongan juga telah meninggalkan lokasi. Secara umum ibadah berlangsung lancar dan khidmat.
ADVERTISEMENT
Meski salat Jumat telah selesai, tapi Hagia Sophia yang berusia 1.500 tahun itu akan tetap buka.
“Masjid Hagia Sophia kita akan tetap buka sampai pagi untuk beribadah,” ujar Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya di akun Twitternya, Jumat (24/7), beberapa jam sebelum salat Jumat dimulai.
Salat Jumat Berakhir, Hagia Sophia Buka Sampai Besok Pagi (390135)
Presiden Turki Tayyip Erdogan (tengah) di Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki, Jumat (24/7). Foto: Twitter/@ayasofyacamii
Dalam twitnya itu, Yerlikaya mengungkapkan bahwa semua area yang disediakan bagi jemaah telah penuh terisi. Sehingga mereka yang baru datang terpaksa dihentikan langkahnya karena sudah tidak ada lagi tempat.
Atas kebijakan ini, Yerlikaya berharap masyarakat sabar dan paham. Namun, mereka tetap bisa beribadah di Hagia Sophia karena akan buka sampai Sabtu (25/7) pagi besok.
Salat Jumat Berakhir, Hagia Sophia Buka Sampai Besok Pagi (390136)
Sejumlah pria membentangkan bendera menjelang salat Jumat perdana di luar Masjid Agung Hagia Sophia, di Istanbul, Turki, Jumat (24/7). Foto: REUTERS
Dalam ibadah salat Jumat hari ini, hanya panitia dan tamu undangan saja yang bisa salat di dalam bangunan, seperti Erdogan, para menteri, politikus, dan perwakilan negara asing. Sedangkan masyarakat umum salat di area terbuka di lima titik di sekitar Hagia Sophia.
ADVERTISEMENT
Hagia Sophia selama 916 tahun menjadi gereja, berubah menjadi masjid selama hampir 500 tahun, lalu beralih menjadi museum selama 86 tahun, dan kini kembali menjadi masjid.
Saat ini Hagia Sophia sedang dalam proses restorasi. Perancah tinggi menjulang yang digunakan dalam proyek itu ditutupi dengan tirai dalam pelaksanaan salat Jumat perdana hari ini.