News14 Juli 2020 12:16

Sandi Beri Selamat Prabowo Garap Lumbung Pangan: Pemikiran Kami Sejak 2018

Konten Redaksi kumparan
Sandi Beri Selamat Prabowo Garap Lumbung Pangan: Pemikiran Kami Sejak 2018 (734343)
Menhan Prabowo bertemu dengan Sandiaga Uno. Foto: Dok. Tim Sandiaga Uno
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapatkan tugas baru dari Presiden Jokowi, mengurus lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi terjadinya krisis pangan di tengah pandemi COVID-19. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno mengapresiasi tugas baru itu dan menyebut program lumbung pangan memang sudah menjadi prioritas Prabowo sejak masih menjadi capres di Pilpres 2019.
ADVERTISEMENT
"Kami juga memberikan selamat bahwa Pak Prabowo Subianto mendapatkan amanah baru, ya, satu challenge, satu tantangan baru untuk mendirikan satu ketahanan pangan yang sudah menjadi memang cita-cita beliau dari sejak lama," kata Sandi dalam keterangannya, Selasa (14/7).
"Saya ucapkan selamat karena pemikiran lumbung pangan nasional itu memang pemikiran yang kami berdua cetuskan di tahun 2018/2019," imbuhnya.
Sandi Beri Selamat Prabowo Garap Lumbung Pangan: Pemikiran Kami Sejak 2018 (734344)
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat meninjau lumbung pangan nasional di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Saat itu, kata Sandi, lumbung pangan nasional merupakan salah satu program kampanye yang ia dan Prabowo cetuskan. Program tersebut, menurutnya, diharapkan bisa menjadi prioritas pembangunan bangsa ke depan.
"Tentunya ini sangat berat dan beliau meminta saya menjelaskan kepada semua pihak untuk saling bahu membahu dan menyampaikan satu gagasan atas ketahanan pangan dengan mendorong sisi produksi yang selama ini tersendat karena begitu banyak tantangan," tutur Sandi.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, menurut Sandi, tugas Prabowo juga akan dibantu oleh Kementan, Kementerian PUPR, hingga kementerian dan lembaga lainnya. Sehingga, diharapkan, dalam waktu 6 bulan, program ini sudah bisa mulai mendorong peningkatan produksi pangan.
"Saya juga sampaikan gagasan-gagasan pangan saya yang berkisar antara aplikasi teknologi, penggunaan big data, dan juga mendorong para petani milenial untuk bisa diberdayakan di samping juga ketahanan pangan dimulai dari unit terkecil, yaitu unit keluarga, sampai dengan ke tingkat yang lebih besar, tingkatan kelurahan atau desa sampai ke tingkat provinsi dan nasional," lanjutnya.
Ia berharap, Prabowo bisa mengemban tugas baru tersebut. Apalagi, masalah lumbung pangan nasional memang sudah menjadi perhatian khusus Prabowo sejak dulu.
"Sesuai dengan passion-nya bisa melakukan re-orientasi pembangunan lumbung pangan nasional," pungkasnya.
ADVERTISEMENT
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white