kumparan
5 Juni 2018 0:47

Sandi Canangkan Gerakan OC OK untuk Turunkan Angka Kemiskinan

Sandi Luncurkan Kaus RED Sandi
Sandi Luncurkan Kaus RED Sandi (Foto: Paulina Pheras/kumparan)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mencanangkan gerakan OC OK (One Company One Kampung). Gerakan ini sebagai salah satu upaya Pemprov menurunkan angka kemiskinan dengan menyejahterakan 220 Rukun Warga (RW).
ADVERTISEMENT
"Penurunan kemiskinan di DKI melalui program One Company One Kampung. Disingkat keluarga mandiri sejahtera. Jadi (program) keluarga mandiri sejahtera ini, kita akan padu-padankan satu perusahaan dengan 220 RW yang pra-sejahtera," ujar Sandi di Balai Kota, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (3/6).
Melalui gerakan itu, Sandi menargetkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas kesehatan. Selain OC OK, Pemprov DKI sebenarnya memiliki program kewirausahaan lainnya yaitu OK OCE (One Kecamatan One Central Entrepreneur).
Sampai saat ini, Sandi masih kekeuh menjalankan program tersebut hingga angka kemiskinan di Jakarta dapat berkurang.
"Pendekatannya kita nanti lihat bagaimana penurunan kemiskinannya. Bagaimana penciptakan lapangan pekerjaannya. Bagaimana dijaga pendidikan, aspek kesehatan juga di masing-masing RW yang sekarang sudah mulai kita targetkan dengan program penurunan kemiskinan yang satu persen," kata Sandi
ADVERTISEMENT
Selain itu, kata Sandi, salah satu faktor angka kemiskinan tidak menurun karena penggalangan zakat yang kurang produktif. Untuk itu, ia berharap Bazis DKI dapat membantu program Pemprov menurunkan angka kemiskinan.
"Selama ini kenapa tidak turun-turun? Karena menurut saya penggalangan zakatnya, dan penggalangan wakaf dan zakat produktif ini kurang dimaksimalkan. Bazis harus siap membantu program kita menurunkan satu persen (kemiskinan)," pungkasnya
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan