News
·
20 Juli 2021 23:32
·
waktu baca 3 menit

Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi (6439)
searchPerbesar
Sandiaga Uno bagikan 1000 hewan kurban. Foto: Dok. Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, ikut berkurban dalam Hari Raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada Selasa (20/7). Sandiaga membagikan 1.000 hewan kurban kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Hewan kurban yang dibagikan itu yakni kambing, kerbau dan sapi yang memiliki kualitas terbaik. Seluruh hewan ini juga memiliki surat keterangan sehat dan bebas dari penyakit.
Sandiaga menyebut, program 1.000 hewan kurban ini dilakukan serentak secara hybrid dengan menerapkan protokol kesehatan ketat di 114 lokasi Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Termasuk pemotongan, pencacahan dan pembagian daging kurban.
"Menerapkan protokol kesehatan yang disiplin, kita menggelar teladan Nabi Ibrahim AS dan Ismail AS penuh dengan ketabahan dan kesabaran," kata Sandiaga dalam keterangannya.
Sandiaga mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka mendorong semangat persatuan umat menghadapi pandemi COVID-19.
Sandiaga berkolaborasi dengan tokoh agama, ormas Islam, pondok pesantren, lembaga pendidikan serta 18 pimpinan organisasi kemasyarakatan pemuda Islam untuk menjalankan program ini. Termasuk menggandeng Youtuber Atta Halilintar.
ADVERTISEMENT
"Seribu hewan kurban ini disebarkan ke 17 provinsi di Indonesia," kata Sandiaga.
Sandiaga kemudian merinci 17 provinsi tersebut. Yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sumatera Utara, Riau, NTT dan NTB.
Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi (6440)
searchPerbesar
Sandiaga Uno bagikan 1000 hewan kurban. Foto: Dok. Istimewa

Sandiaga Ajak Masyarakat Ikut Berbagai

Sandiaga menjelaskan, perayaan Idul Adha kali ini sangat spesial karena dirayakan di tengah pandemi COVID-19. Ia juga mendoakan masyarakat yang telah berpulang akibat COVID-19.
"Kita doakan keluarga, sahabat, dan tetangga kita yang telah mendahului karena COVID, bagi warga isolasi mandiri, yakinlah dibalik kesulitan akan ada kemudahan," kata Sandiaga.
"Karena itu, mari kita gunakan kesempatan idul kurban ini untuk berbagi dengan saudara yang terdampak pandemi ini," lanjut dia.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Sandiaga menegaskan, momen Idul Adha 1442 H diharapkan mampu memperkokoh pilar persatuan umat, menyiapkan pilar kebangkitan ekonomi umat, serta meneguhkan semangat keadilan sosial.
Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi (6441)
searchPerbesar
Sandiaga Uno bagikan 1000 hewan kurban. Foto: Dok. Istimewa
Tujuan mengundang Atta Halilintar, Sandiaga mengatakan demi mengajak anak muda mau ikut berkurban agar bisa saling berbagi di tengah pandemi COVID-19.
"Ini kegiatan yang baik untuk berlomba-lomba berbagai. Semoga berkah untuk banyak orang," kata Atta Halilintar.
"InsyaAllah beberapa hari ke depan tidak bakal kelaparan. Menurutku itu sudah menjadi hal yang luar biasa. Semoga pak Sandi mendapat berkah dan dapat menginspirasi anak muda untuk peduli sesama," tambah Atta.
Staf Khusus PP Muhammadiyah Yogyakarta Bachtiar Dwi Kurniawan turut hadir secara virtual. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas program pembagian 1.000 hewan kurban ini.
ADVERTISEMENT
"Bantuan dari Bapak Sandiaga uno ini kepada relawan di PP Muhammadiyah yang berjuang melawan COVID, perawat jenazah, dan pengubur jenazah yang kena COVID-19," kata Bachtiar.
Sandiaga Bagikan 1.000 Hewan Kurban ke 17 Provinsi (6442)
searchPerbesar
Sandiaga Uno bagikan 1000 hewan kurban. Foto: Dok. Istimewa
Selain hewan kurban, Sandiaga turut membagikan 100 sembako untuk warga terdampak pandemi COVID-19 di kawasan Depok, Jawa Barat. Sembako tersebut berisi kebutuhan pokok.
Sandiaga membagikan langsung sembako ini dengan mendatangi rumah warga secara door to door. Salah satu warga Depok penerima bantuan sembako kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Sandi.
"Terima kasih Bapak Sandiaga Uno, semoga menjadi berkah karena sudah menolong kami di masa sulit seperti pandemi COVID-19 ini," kata dia.